Ketik disini

Politika

Balon Kepala Daerah Harus Bebas Narkoba

Bagikan

MATARAM – Perang terhadap peredaran narkoba terus berlanjut hingga ke daerah. Termasuk jelang pemilu kepala daerah. Sejumlah pihak berharap dilakukan pengawasan menyeluruh terhadap para bakal calon (balon) kepala daerah untuk memastikan mereka tidak terlibat narkoba.

“Partai politik perlu mengantisipasi peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Terutama menjelang pelaksanaan pemilu kepala daerah di tujuh kabupaten/kota di NTB,” tandas Sekretaris Fraksi PPP DPRD NTB H Muzihir saat membacakan pandangan umum Fraksi PPP pada rapat paripurna pembahasan raperda pelaksanaan pertanggungjawaban pelaksana APBD tahun anggaran 2014, Rabu (10/6).

FPPP mendorong Badan Narkotika Nasional (BNN) NTB melakukan tes narkoba baik dengan cara tes darah, urine, dan rambut terhadap balon kepala daerah yang akan maju di pilkada. Aparat kepolisian,  serta BNN mengambil bagian dalam proses seleksi pimpinan daerah.

Kepolisian dan BNN diharapkan serius dalam melakukan tes narkoba terhadap semua balon kepala daerah. Seruan itu sebagai bentuk keseriusan FPPP dalam mengawal amanah rakyat serta antisipasi dini penyalahgunaan narkoba di kalangan politikus, termasuk balon kepala daerah.

“Kalau tidak diawasi, tidak menutup kemungkinan kandidat yang diduga menggunakan obat-obatan terlarang lolos menjadi calon kepala daerah,” tandasnya.

Pihaknya berharap partai-partai pengusung para kandidat berperan serta melawan peredaran narkoba. Lebih bagus jika partai politik tersebut mewajibkan balon kepala daerah melalui tes narkoba secara menyeluruh.

Sementara itu politikus PPP Nurdin Ranggabarani menegaskan perang terhadap narkoba merupakan wujud nyata dalam menyelamatkan generasi bangsa. PPP menginginkan pemberantasan narkoba tersebut dilakukan hingga ke akar-akarnya.

Balon kepala daerah, menurut dia, harus mendukung kampanye antinarkoba. Karena mereka akan memimpin daerah selama lima tahun ke depan. Meskipun sebelumnya pernah dilakukan tes urine, namun sebagai wujud komitmen terhadap pemberantasan narkoba, maka balon kepala daerah harus bersedia untuk test narkoba secara menyeluruh.

“Test urine memang sudah pernah ada, tapi ini terkait komitmen kita bersama sehingga perlu tes menyeluruh baik urine, darah, maupun tes rambut agar semua terbuka,” ungkap Nurdin.

Politikus asal Sumbawa itu mengatakan PPP akan mengawalinya dengan cara menggelar test narkoba terhadap balon kepala daerah yang mendaftar di PPP. Dia berharap upaya ini juga dilakukan partai lainnya. (tan/r4)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *