Ketik disini

Giri Menang

Hari Ini, Jamaah Thareqat Ponpes NU Abhariyah Gelar Haul

Bagikan

GIRI MENANG – Pondok Pesantren Nahdalatul Ulama (NU) Abhariyah Dusun Jerneng, Desa Terong Tawah, Kecamatan Labuapi, Lombok Barat, hari ini menggelar Haul Maulana Syek Abdul Qodir Jaelani dan Syekhuna Abhar Muhiddin yang akan dihadiri ribuan jamaah thareqat dari seluruh wilayah di Pulau Lombok.

Pimpinan Ponpes NU Abhariyah (Mudirul Am) TGH Ulul Azmi menjelaskan, haul untuk menyatakan rasa cinta dan rindu kepada Maulana Syekh Abdul Kadir Jaelani sebagai pendiri dari ilmu tareqat Qadariyah, dan dan Syekhuna Abhar Muhiddin sebagai mursyid atau guru thareqat Muktabarah Darul Falah Pagutan Kota Mataram. “Dua sosok ulama inilah yang menjadi pegangan kami dalam ilmu thareqat,” ujar TGH Ulul Azmi.

Selain untuk mengenang guru thareqat, pelaksanaan haul juga dimaksudkan untuk  mendekatkan diri (Takkarrub Ilallah) kepada Allah dan  menyebarluaskan ajaran thareqat yang muktabarah dan sudah diakui  kebenaran ajarannya menurut Ahlusnunnah Wal Jama’ah dan sesuai menurut negara.

Pasalnya, lanjut dia, pelaksanaan haul ini memang sudah menjadi tradisi di warga NU yang dilaksakan setiap dua tahun sekali. Haul ini juga menjadi sarana dakwah untuk menangkal faham-faham sesat. Apalagi di zaman sekarang ini banyak sekali orang yang mengaku berthareqat tapi sesat. “Melalui momen ini, kita bisa memberikan pencerahan ajaran thareqat yang benar,” paparnya.

Terpenting, mendekati pelaksanaan ibadah puasa, Ponpes NU dan keluarga besar Darul Falah ingin mempersatukan umat islam melalui media dzikir, karena dalam pelaksanaan acara hari ini, jamaah thareqat yang datang akan diajak untuk berzikir bersama.

Kemudian dirangkai dengan mendengarkan uraian hikmah dari pelaksanaan haul yang akan disampaikan oleh TGH Mustiadi Abhar selaku Mursyid Jamaah Thareqat Muktabarah. Sebelum pelaksanaan puncak acara hari ini, kemarin malam seluruh warga jamaah melakukan berbagai kegiatan agama seperti dzikir dan  istighotsah bersama.

Terpisah, ketua panitia acara Imam Kafali menegaskan, bahwa acara haul ini murni untuk mendekatkan diri antara sesama jamaah thareqat dan masyarakat warga (NU) yang ada di Lombok. “Acara ini murni untuk jamaah dan warga NU,” tegasnya.

Rencananya, puncak acara haul akan dihadiri oleh Wakil Gubernur NTB H Muhammad Amin, sementara itu Wakil Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid sudah menyatakan diri tidak bisa hadir karena ada suatu dan lain hal tidak bisa bertemu dengan jamaah. “Pak Wabup sudah menegaskan tidak bisa hadir ditengah jamaah,” imbuhnya. (ewi/r12)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *