Ketik disini

Metropolis

Polhut Buru Buron Illegal Logging

Bagikan

MATARAM – Tiga orang pelaku illegal logging di kawasan hutan Rinjani Barat kini menjadi buronan Polhut NTB. Tiga orang ini sudah diidentifikasi. Bahkan, rumah mereka telah dipetakan.

“Hari ini, petugas sedang mengupayakan penjemputan terduga pelaku illegal logging di rumahnya,” kata Kasi Pengamanan Hutan Dinas Kehutanan NTB Burhan, pada Lombok Post, kemarin.

Pada saat melakukan operasi patroli kemarin, lanjut Burhan, salah seorang petugas berhasil mengenali wajah pelaku. Dari identifikasi tersebut, pihaknya berhasil mengetahui keberadaan tempat tinggal pelaku. “Sudah diketahui identitasnya. Masih tunggu tambahan personel dari unit kriminal khusus polda,” ujar Burhan.

Menurutnya, back-up dari Polda sangat membantu dalam penangkapan pelaku illegal logging. Keberadaan personel dari Polhut NTB sendiri, tidak memungkinkan untuk melakukan tindakan penangkapan. Hal ini dikarenakan jumlah Polhut di NTB hanya 200 orang tersebar di seluruh kabupaten/kota se-NTB.

“Bantuan personel dari kepolisian untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di lapangan. Seperti perlawanan dan ancaman ke Polhut yang dilakukan oleh keluarga pelaku,” kata Burhan.

Ia menambahkan, penangkapan pelaku yang sedang buron ini, agar Polhut bisa memperkuat bukti dan saksi, sehingga bisa mengusut ke pelaku yang lebih besar. Dalam hal ini pengusaha yang menyuruh melakukan illegal logging. “Sudah kita kantongi namanya, tapi belum bisa kita buka untuk saat ini, karena masih dalam proses penyidikan,” kata Burhan. (cr-dit/r12)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *