Ketik disini

Giri Menang

Bantah Overload, Dishub Enggan Disalahkan

Bagikan

GIRI MENANG – Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Lobar dan NTB sangat kompak. Mereka membantah kapal cepat Wahana Gili Ocean mengangkut penumpang melebihi kapasitas alias overload.

”Tidak sampai overload,” kata Kepala Dishubkominfo Lobar Akhmad Saikhu kepada koran ini, kemarin (11/6).

Dia berkeyakinan, kapal yang meledak pekan lalu itu mengangkut penumpang sesuai kapasitasnya. Sebab, daya tampung kapal yang melayani rute Senggigi menuju Padangbai, Bali itu mampu mengangkut 154 penumpang.

Ia menjelaskan, jumlah tempat duduk kapal berbeda-beda. Kapal Wahana saja memiliki kapasitas menampung penumpang hingga ratusan orang. Sehingga, kemungkinan overload sangat kecil. ”Seat kapal lain-lain. Jadi, jumlah penumpang itu disesuaikan dengan kapasitasnya,” terang dia.

Ditanya ada dugaan penyerobotan jadwal, Saikhu membantahnya. Ia menegaskan, kapal yang akan berangkat sudah memiliki jadwal tersendiri. ”Tidak penyerobotan jadwal kapal. Mereka berangkat sesuai jadwal masing-masing,” jelasnya.

Ia juga membantah insiden ledakan kapal bagian dari kecolongan Dishub. Ia menjelaskan, masalah keselamatan pelayaran bukan hanya tanggung jawab pihaknya. Begitupun dengan sistem pengawasannya. Tapi, ada tim terpadu yang berkantor di Pelabuhan Senggigi.

”Ini bukan kami yang kecolongan. Memang Dishub ada UPTD di sana. Tapi lebih pada menyiapkan sarana dan prasarana. Di pelabuhan itu ada tim terpadu,” tegasnya.

Sebelumnya, Kadishubkominfo NTB Agung Hartono menegaskan, jika kapal yang membawa penumpang menuju Padang Bai itu tidak overload. Bahkan, ia memastikan informasi yang menyebutkan kapal melebih kapasitas tidak benar. ”Saya pastikan tidak ada overload,” tegas Agung.

Ia mengaku, dirinya sudah melihat langsung kapasitas kapal. Berdasarkan data pada spesifikasi teknis, kapasitas kapal Wahana Gili Osehan sebanyak 154 seat. Data itu sekaligus membantah adanya informasi yang menyebutkan kapasitas kapal hanya 40 seat.

Dari hasil penelusuran melalui mesin pencari google, kapal wahana yang dilaunching tanggal 21 Desember 2013 berkapasitas 150 penumpang. Kapal tersebut menggunakan sembilan buah mesin.

Data lain yang didapat di sebuah travel online, Fast Boat wahana gili ocean I memiliki seat 32 orang ditambah lima kru. Sedangkan, Fast Boat Wahana Gili Ocean II memiliki jumlah seat 60 orang plus 6 kru. Dua kapal ini yang kerap menjelajahi rute Lombok dan Senggigi. (jlo/r12)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *