Ketik disini

Selong

Jangan Asal Habis Saja

Bagikan

* Meski Buat Tingkatkan Serapan

SELONG – Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lombok Timur diperintahkan meningkatkan serapan anggaran. Jika dikomparasi dengan waktu, maka seharusnya sudah mencapai 50 persen lantaran sudah memasuki bulan keenam.

”Seharusnya kerjaan kita rampung 50 persen,” kata Sekda Lotim H Rahman Farly.

Namun kenyataannya banyak SKPD baru mencapai 25 hingga 40 persen. Beberapa diantaranya, RSUD baru mencapai 33 persen, dikpora baru 30 persen. Sementara dinas kesehatan hanya mencapai 23 persen saja. Yang terparah adalah, dinas PU yang hanya mampu menggunakan delapan persen anggaran yang disediakan.

”Bupati mengingatkan supaya kendala yang ada bisa diatasi,” pintanya.

Ia meminta semua kepala SKPD melakukan pengawasan langsung dibarengi pengawasan ketat ke bawahannya. Jangan sampai pimpinan justru tak mengetahui pasti progres yang ada di bawahannya.

Sementara, Wakil Bupati Lotim H Haerul Warisin mengatakan, setiap SKPD harus bekerja sungguh-sungguh dalam menggunakan anggaran sesuai peruntukan. Cukup berpegang pada aturan, ia meyakini semua masalah bisa diselesaikan. Sehingga pada akhir tahun anggaran bisa terserap maksimal.

Namun, ia mengingatkan tak sekadar menghabiskan anggaran. Setiap SKPD harus bisa menggunakan dana sesuai peruntukan. Habis terpakai benar-benar karena harus habis, bukan dipaksa habis. ”Jangan asal habis tak jelas,” tegasnya.

Sebagai contoh, tahun lalu ada anggaran hingga Rp 42 miliar yang tak habis dipakai. Selama bisa dijelaskan mengapa tak bisa terserap maksimal, ia menjelaskan tak mempermasalahkan itu. Namun jika memang bisa dihabiskan, tentu itu lebih baik.

”Sekarang tiap pekan saya minta laporan,” pungkasnya. (yuk/r11)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *