Ketik disini

Headline Metropolis

Mokhlis Mundur dari Kadis Pertanian

Bagikan

*Maju Pilkada Sumbawa

MATARAM – Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura NTB H Mokhlis mengundurkan diri dari jabatannya. Dia hendak maju di pilkada serentak di Sumbawa.

“Iya, sudah ada surat permohonan pengunduran diri dari Kadis Pertanian,” kata Kepala Badan Kepegawian Daerah (BKD) NTB H Muhammad Suruji kepada Lombok Post di ruang kerjanya, kemarin (11/6).

Surat tersebut diterima BKD NTB sejak dua hari lalu. Selanjutnya, BKD tinggal menindaklanjuti dengan membuat SK dan diajukan ke Gubernur untuk pengesahannya.

Sementara, SK pensiun yang bersangkutan akan diproses menyusul karena harus dikoordinasikan dengan pemerintah pusat. “Hari ini, saya disposisi ke kabid mutasi. Kita usahakan bisa diproses cepat,” kata Suruji.

Dijelaskan Suruji, langkah mundur dari PNS itu memang harus diambil yang bersangkutan jika ingin berpartisipasi sebagai calon pada pesta demokrasi mendatang.

Peraturan tersebut tertuang dalam revisi Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pasal 7 huruf (t), yakni “Mengundurkan diri sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Pegawai Negeri Sipil sejak mendaftarkan diri sebagai calon.”

Sejauh ini, BKD NTB mengaku baru menerima satu surat permohonan pengunduran diri dari PNS yang hendak melenggang sebagai calon kepala daerah. “Siapapun yang nantinya juga mau ikut pilkada, harus menempuh mekanisme seperti ini. Jika PNS, wajib berhenti,” tandas Suruji.

Terpisah, Kadis Mokhlis yang dimintai komentar atas surat pengunduran dirinya tersebut masih pelit bicara. Ia belum mau memberi pernyataan seputar langkah yang diambil maupun soal sejauh mana persiapannya untuk bertarung di pilkada Sumbawa Desember mendatang.
“Kalau soal itu, besok-besok saja saya komentari. Ini kan semuanya masih berproses, kita tunggu saja,” kata Mokhlis seraya buru-buru menghadiri kegiatan di luar kantor.

Diketahui, keinginan Mokhlis untuk bertarung pada Pilkada Sumbawa memang sudah lama diutarakan. Keseriusannya untuk maju terlihat setelah resmi melamar pada partai Golkar. (uki/r12)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *