Ketik disini

Sumbawa

Pemda Lakukan Pemeriksaan Khusus

Bagikan

*Dugaan Pencabulan Siswi SD Langam

SUMBAWA – Pemda Sumbawa, tengah melaksanakan pemeriksaan khusus (riksus) guna penyelesaian persoalan terkait dugaan pencabulan terhadap salah seorang siswi SD Langam. Hasilnya nanti akan dilaporkan langsung ke Bupati Sumbawa guna tindakan selanjutnya.

Asisten I Setda Sumbawa, DR. H. M. Ikhsan mengatakan, sekarang sedang dilakukan pemeriksaan khusus untuk mengetahui kejadian sebenarnya. Riksus ini dilakukan langsung di sekolah bersangkutan.

Riksus ini dilakukan oleh Inspektorat Sumbawa. Dimana pihak Inspektorat meminta waktu selama delapan hari untuk melakukan riksus itu. Setelah itu akan diketahui persoalan sebenarnya dan apa yang terjadi dalam kasus ini. ”Apakah itu ada pembiaran seperti yang dituduhkan atau kesengajaan yang tidak menangani dari awal. Karena kasus ini sudah terjadi sejak dua tahun,” ujarnya kepada RADAR SUMBAWA

Jika ditemukan ada indikasi pembiaran, maka akan dilakukan tindakan. Adapun tindakannya nanti juga tergantung hasilnya. Karena hasil riksus ini akan disampaikan kepada Bupati Sumbawa langsung. Tindakan yang akan diambil adalah sesuai rekomendasi dari Bupati.

Terhadap pelaku, lanjutnya, akan dilakukan rehabilitasi mentalnya agar tidak trauma. Karena dengan adanya pemberitaan seperti ini, memberikan beban moril terhadap para pelaku dan keluarganya. Terhadap korban, akan diupayakan untuk tetap bisa bersekolah, tetap bisa ikut ulangan agar bisa naik sekolah.

Pihak pemda juga akan mencoba berunding dengan pihak orang tua terkait pemindahan sekolah mereka. Karena semuanya harus dipisahkan dan tidak boleh bersama-sama. Selain itu juga akan ada psikolog yang akan memberikan bimbingan kepada korban maupun orang tua korban. (run/r9)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *