Ketik disini

Selong

Pengaruhi Ekonomi, Tekan Angka Perceraian

Bagikan

* Mengunjungi Pameran Akik di Labuhan Haji

Pameran batu akik Labuhan Haji sudah dimulai sejak Rabu lalu. Puluhan stand berjajar memajang beragam batu. Kehebatan batu-batu ini dinilai mampu memberi pengaruh ekonomi yang signifikan, plus menekan angka perceraian.

Ratusan orang terlihat memadati salah satu sudut jalan di Labuhan Haji, dekat tepi pantai. Mereka berkerumun di sejumlah stand-stand yang didirikan berjajar di sepanjang jalan. Semua sibuk dengan urusannya masing-masing. Ada yang mencari gagang cincin. Ada yang mencari bongkahan batu, ada yang meminta diasahkan batunya. Ada juga yang berburu batu cincin yang sudah jadi. Itulah suasana pameran batu akik Pongkor Labuhan Haji.

Kegiatan ini rencananya digelar hingga Ahad mendatang. Puluhan pengerajin batu secara khusus mengikuti kegiatan ini. Tak hanya dari seputaran Labuhan saja, ada juga yang berasal dari Mataram, bahkan pulau seberang semisal Sumbawa dan Bali.

”Saya biasa di Ampenan,” kata Husein, salah seorang peserta pameran.

Semenjak demam batu akik dimulai awal tahun ini, ia mengatakan memang bisa membantu perekonomian keluarga. Bahkan usaha yang baru digeluti lima bulan itu sudah mengalahkan hasil dari usaha utama berjualan toko kelontong miliknya.

Hal itu dibenarkan Pembina Pameran Daeng Paelori. Wakil rakyat di DPRD Lotim ini mengatakan secara nyata batu akik berhasil meningkatkan ekonomi masyarakat. Dia yang kini ikut demam batu membuktikan sendiri. Banyak yang dulu pengangguran, dengan menjadi tukang asah batu sudah bisa menyambung hidup.

”Sekadar makan dari asah batu sudah bisa,” katanya.

Tak berhenti sampai di sana, hasil survei katanya juga menunjukkan kalau akik mampu menekan angka perceraian hingga 30 persen. Percaya atau tidak, kata Daeng survei valid ini pernah dibacakan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa ini. ”Bapak-bapaknya jadi rajin di rumah dan urus batu, tak lagi urus yang aneh-aneh,” katanya disambut tepuk tangan.

Dalam pameran kali ini, diprediksi setiap hari terjadi transaksi antara lima hingga puluhan juta. Para pemburu batu bisa bebas bertransaksi melakukan jual beli sesuai selera. Berminat? Anda bisa langsung datang ke lokasi dibuka untuk umum sejak pagi hingga malam hari itu. Selamat berburu batu. (wahyudi)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *