Ketik disini

Metropolis

PT NNT dan Pekerja Sepakati PKB

Bagikan

*Setelah Enam Bulan Dibahas Alot

MATARAM – Serikat Pekerja (SP) dan Manajemen PT Newmont Nusa Tenggara (PT NNT) akhirnya menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB) periode 2015-2016. Kedua pihak mencapai kata sepakat setelah melalui proses perundingan alot, hingga enam bulan.

“Apa yang menjadi kepentingan serikat pekerja dan perusahaan terakomodir dalam PKB yang sudah disepakati ini,” kata Manajer Sumber Daya PT NNT Dadang Triadi pada acara penandatangan PKB di Hotel Santika, kemarin.

Dalam kesepakatan tersebut dimuat beberapa poin. Salah satu yang utama yakni menyangkut gaji pokok. PT NNT akhirnya sepakat menaikan gaji karyawan sebesar tiga persen pada tahun pertama dan empat persen pada tahun kedua. Selain menyangkut gaji pokok, PKB juga memuat kesepakatan menyangkut bantuan perumahan, gaji pokok, pendidikan, kesehatan, hingga saving plan atau tabungan bagi karyawan.

Menurutnya, kesepakatan yang telah dicapai merupakan yang terbaik yang bisa dilakukan saat ini. Dengan segala pertimbangan agar perusahaan tetap beroperasi dan berjalan dengan baik untuk kepentingan pekerja serta keluarganya dan kemajuan perusahaan diwaktu akan datang.

Meski PKB disepakati, Dadang tak menampik adanya kemungkinan selisih dengan serikat pekerja di waktu mendatang. Namun, ia berharap semua itu nantinya bisa tetap diselesaikan dengan komunikasi yang baik.

Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kemnakertrans R. Irianto Simbolon menyambut baik kesepakatan PT NNT dan serikat pekerja.

“Dari awal kami memang meminta agar semua perusahaan yang memiliki serikat pekerja agar membuat PKB. Sehingga, semuanya jelas di atas kertas,” kata Irianto.

Menurutnya, kesepakatan ini menunjukkan bahwa seluruh karyawan dan manajemen PTNNT dapat bersama-sama mengutamakan harmoni untuk kesejahteraan bersama di masa depan. “Kalau setelah ini, kesejahteraan karyawan belum berubah tentu perlu dikaji ulang pada periode berikutnya,” imbuh Irianto.

Sebelum mencapai kesepakatan ini, perundingan yang dilakukan serikat pekerja dan karyawan memang lama. Bahkan, serikat pekerja pun sempat melakukan aksi mogok. “Kita bersyukur ini semua akhirnya teratasi dan sudah ada kesepakatan,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTB H Wildan yang ikut hadir pada acara tersebut. (uki/r12)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *