Ketik disini

Pendidikan

AMIKOM-ASM Mataram Wisuda 409 Lulusan

Bagikan

MATARAM – Akademi Manajemen Informatika Komputer (AMIKOM) Mataram dan Akademi Sekretari dan Manajemen (ASM) Mataram hari ini, menggelar wisuda untuk mahasiswa yang telah menyelesaikan studi.

Wisuda kali ini adalah yang ke-10 bagi AMIKOM Mataram dan ke-16 bagi ASM Mataram. Mahasiswa yang diwisuda hari ini sebanyak 409 orang. Terdiri dari wisudawan AMIKOM jenjang Diploma Tiga (D3) dengan Program Studi (prodi) Teknik Komputer 99 orang, Manajemen Informatika 153 orang, dan Komputerisasi Akuntansi 22 orang. Selanjutnya lulusan ASM Mataram jenjang Diploma Tiga (D3) dengan prodi Sekretaris 6 orang, Manejemen Administrasi Perkantoran 102 orang, dan Manajemen Administrasi Akuntansi 27 orang. Acara wisuda digelar di Ballroom Hotel Lombok Raya, Mataram.

Direktur AMIKOM-ASM Mataram, Ir Lalu Darmawan Bakti MSc, MKom mengatakan, wisuda bagi perguruan tinggi merupakan tradisi seremonial dengan arti penting. Wisuda pertanda telah berakhirnya studi bagi mahasiswa. Wisuda merupakan pencerminan prestasi pendidikan bidang akademik yang telah dicapai.

AMIKOM-ASM Mataram sebagai lembaga pendidikan tinggi, kata Darmawan, mengemban tugas menyiapkan calon tenaga profesional. Sejak awal AMIKOM-ASM Mataram telah merencanakan serangkaian upaya melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi khususnya di dalam membina dan mengembangkan spesifikasi akademik.

Fenomena menarik yang terjadi, ada beberapa instansi pemerintah dan perusahaan swasta yang ketepatan sebagai lokasi tempat Praktik Kerja Lapangan mahasiswa AMIKOM-ASM Mataram langsung merekrut mahasiswa AMIKOM-ASM Mataram sebagai karyawan atau pegawai baru.

‘’Fenomena ini kami pandang sebagai bukti kepercayaan masyarakat kepada pola pendidikan dan penyiapan SDM yang dilaksanakan di AMIKOM-ASM Mataram,’’ katanya.

Kepada wisudawan, lanjut Darmawan, diingatkan bahwa predikat Ahli Madya yang disandang setelah diyudicium adalah simbol keilmuan dan keterampilan. Gelar yang telah diraih itu merupakan amanah yang menuntut tanggung jawab. Gelar profesi A.Md memiliki nilai keilmuan, keterampilan, profesionalitas, dan tanggung jawab.

‘’Masyarakat akan menguji dan menilai kepatutan gelar profesi. Dan penilaian itu didasarkan pada kemampuan mengaplikasi pengetahuan dan keterampilan yang menyertai gelar dalam kehidupan nyata,’’ bebernya.

Ditambahkan, masyarakat akan mengakui dan menghormati gelar profesi, manakala penyandang gelar mampu berbuat dan bersikap yang selaras dengan gelar itu. Sebaliknya, apabila tidak mampu menunjukkan kemampuan, keterampilan dan sikap yang sesuai dengan gelar tersebut, masyarakat akan sulit mengakui dan sulit percaya, bahkan mencemooh.

‘’Hakekat dari belajar di perguruan tinggi adalah penguasaan ilmu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Ilmu dan keterampilan hanya bisa diperoleh melalui belajar dan berlatih,’’ urainya.

Darmawan mengharapkan, dengan berakhirnya studi, para wisudawan hendaknya meneruskan kebiasaan belajar dan membaca dan giat mempelajari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Lulusan AMIKOM-ASM Mataram yang diwisuda hari ini secara otomatis akan tercatat dan menjadi anggota Ikatan Alumni AMIKOM-ASM Mataram. Kepada orangtua wisudawan/wisudawati, Darmawan mengingatkan, bahwa putra-putrinya yang diwisuda hari ini masih membutuhkan perhatian. ‘’Kalau boleh saya mengumpamakan dengan sekuntum bunga mawar, maka bunga mawar ini baru saja mekar, siap mengembang dan memancarkan pesona harum semerbak mewangi. Mawar yang indah ini masih membutuhkan siraman, perhatian, nasehat, bimbingan dan doa kedua orangtuanya,’’ ujar Darmawan.

AMIKOM-ASM Mataram telah menempati kampus baru sejak tahun 2010/2011. Kampus berdiri pada area tanah seluas 8.000 meter persegi. Di atasnya berdiri bangunan megah gedung berlantai lima dengan luas bangunan 3.240 meter persegi yang terbagi dalam 25 ruangan. Seluruh prodi yang ada di AMIKOM-ASM Mataram telah mendapatkan status terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi. Prodi Manajemen Informatika (Akreditasi B), Komputerisasi Akuntansi (Akreditasi B), Teknik Komputer (Akreditasi C), Sekretari (Akreditasi B), dan Prodi Manajemen Administrasi (Akreditasi B).

Dari 219 prodi di 47 perguruan tinggi di NTB, hanya 24 prodi yang sudah terakreditasi B. Empat diantaranya ada di AMIKOM-ASM Mataram. Artinya AMIKOM-ASM menyumbang 20 persen program studi terakreditasi B dari seluruh program studi yang terakreditasi B di NTB.

Berikut ini daftar nama wisudawan terbaik AMIKOM-ASM Mataram berdasarkan prodi. Wisudawan terbaik AMIKOM Prodi Teknik Komputer, Faisal Aspian IPK 2,95, Ita Nurmala Sari IPK 3,92, Muhammad Arfani Hidayat IPK 3,92. Prodi Manajemen Informatika, Vhaya Sri Wardani IPK 3,95, Muthmainnah IPK 3,92, Murhan IPK 3,90. Selanjutnya Prodi Akuntansi, Niradian Septia Endriyani IPK 3,97, Kurniati IPK 3,87, Yuliana IPK 3,84. Tiga wisudawan AMIKOM Mataram yang terbaik adalah Niradian Septia Endriyani IPK 3,97, Faisal Aspian IPK 3,95 dan Vhaya Sri Wardani IPK 3,95.

Berikutnya wisudawan terbaik ASM Mataram Prodi Sekretari adalah Walniati IPK 3,38, Nepi Adriani 3,28, Sukini Sulistiani 3,27. Prodi Manajemen Administrasi, Riki Putradi Prayitna IPK 3,96, I Ketut Sudiana IPK 3,95, Lalu Gede Arya Sandi IPK 3,93. Tiga wisudawan terbaik ASM dengan nilai tertinggi adalah Riki Putradi Prayitna IPK 3,96, I Ketut Sudiana IPK 3,95, dan Lalu Gede Arya Sandi IPK 3,93.(dm/*/r13)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *