Ketik disini

Tanjung

Calon Independen Tak Kunjung Daftar

Bagikan

TANJUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Utara resmi membuka pendaftaran bakal calon (balon) bagi perorangan. Namun hingga kemarin aroma pendaftar dari jalur perseorangan ini belum diminati.

Padahal, pendaftaran dibuka sejak 11 Juni ini akan berakhir hingga pada 15 Juni mendatang. Jika melewati dan calon belum mendaftar, maka tidak bisa diberikan kesempatan untuk perpanjangan waktu.

”Sampai hari ini (kemarin, Red) belum ada. Kita masih menunggu apakah dalam lima hari ini akan ada yang mendaftar,” ujar Komisioner KPU Lombok Utara Abdul Karim, kemarin.

Dijelaskan, pihaknya telah melaksanakan sosialisasi sebagai bentuk upaya meningkatkan keikutsertaan masyarakat ataupun balon independen meramaikan pilkada Desember mendatang.

”Gembar-gembornya memang belum tampak dari awal, tapi nanti jika ada yah pasti kita terima,” imbuhnya.

Lebih lanjut, pihaknya sudah mengumumkan tentang persyaratan yang harus ditempuh agar bisa menjadi kandidat Calon Bupati Kabupaten Lombok Utara periode 2015-2020.

Dalam persyaratan yang disampaikan, balon independen harus menyerahkan komposisi dukungan dari masyarakat terhadap pencalonannya. Dimana, minimal 10 persen dari jumlah penduduk harus menyatakan mendukung pencalonan dari kandidat perorangan tersebut.

Di samping itu, dalam persyaratan lain, pasangan balon harus menyerahkan surat pernyataan dukungan dan rekapitulasi jumlah dukungan dalam bentuk softcopy dan hardcopy. Kemudian dokumen dukungan berupa fotokopi KTP.

”Regulasi telah kita atur, tentu balon independen harus mematuhi apa yang jadi acuan,” katanya. (puj/r11)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *