Ketik disini

Metropolis

Maksimalkan RTH untuk Kurangi Polusi

Bagikan

MATARAM – Polusi udara di Kota Mataram semakin buruk. Kondisi hidrokarbon udara pada beberapa titik dinyatakan melampaui baku mutu. Bahkan di beberapa titik mencapai angka 400. Ini melebihi mutu standar yang ditentukan.

Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana mengatakan, kenaikan baku mutu udara Mataram dikarenakan beberapa faktor. Selain meningkatnya penggunaan kendaraan bermotor, pembakaran sampah juga mempengaruhi emisi pencemaran udara.

“Karenanya untuk menjaga kestabilan baku mutu udara dibutuhkan peran serta masyarakat untuk mengurangi tindakan yang menimbulkan polusi udara,” ajaknya.

Mohan menjelaskan, menciptakan lingkungan sehat merupakan tanggung jawab semua pihak. Lingkungan yang sehat akan memberikan kontribusi penting bagi masa depan generasi penerus.

“Kita harus bisa benar-benar menciptakan lingkungan layak huni dan nyaman,” lanjutnya.

Untuk menjaga mutu udara tetap bersih dan berkualitas, Pemerintah Kota Mataram melakukan berbagai upaya. Di antaranya memperbanyak ruang ekologi dan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Meski belum bisa memenuhi RTH nasional, Pemkot Mataram akan memaksimalkan RTH yang ada untuk menciptakan udara sehat.

Terkait dengan hari lingkungan hidup se-dunia yang jatuh pada tanggal 12-14 Juni, Mohan mengaku sangat mengapresiasinya. Peringatan hari lingkungan hidup ini dinilainya jangan hanya sekadar seremoni. Namun harus ada aksi nyata yang dilakukan. Misalnya dengan gotong royong membersihkan lingkungan atau mengolah sampah. (cr-fer/r4)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *