Ketik disini

Giri Menang

Masih Butuh 800 Titik PJU

Bagikan

*Manfaatkan Tenaga Surya

GIRI MENANG – Sejumlah desa yang belum dilayani aliran listrik di Lombok Barat meminta dipasangi Penerangan Jalan Umum (PJU) dengan memanfaatkan tenaga matahari. Total PJU yang harus disiapkan mencapai 800 titik.

Tahun lalu, Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Lobar hanya mampu memasang 220 PJU. Padahal, kebutuhan PJU mencapai 1.000 titik. “Kekurangan ini yang memang terus kita upayakan terpenuhi,” kata Kadistamben Lobar Budi Darmajaya.

Dia mengatakan, desa yang belum dialiri listrik memang mengharapkan penerangan jalan melalui pemasangan PJU yang memanfaatkan tenaga matahari ini. ”Kalau proyek tahun lalu, semuanya sudah menyala. Dengan anggaran Rp 4 miliarlebih, kami hanya mampu memasang 220 titik saja,” jelas dia.

Tahun ini, pengadaan PJU tidak masuk dalam agenda pembangunan di Distamben. Sekarang, proyek pemasangan PJU digarap Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Tapi, hanya Desa Tematik saja yang kebagian PJU. “Tahun ini ada 28 titik yang akan dipasang,” ujarnya.
Budi mengaku, dengan tambahan hanya 28 titik, maka masih butuh waktu panjang untuk memastikan permintaan 800 titik PJU itu terpenuhi.

”PJU ini khusus untuk jalan dusun dan desa yang belum masuk jaringan listrik. Misalkan di Sekotong, Jagaraga, dan Labuapi. Masih banyak pula desa yang belum,” ujar dia.

Ia berharap tahun depan ada anggaran yang dialokasikan untuk PJU. Karena, masyarakat sangat mendambakan masuknya penerangan jalan itu. ”Rencannya sih ada tapi kembali kepada anggaran. Kami masih berusaha. Mudahan-mudahan bisa terpenuhi tahun depan,” harap dia. (jlo/r12)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *