Ketik disini

Metropolis

PNS NTB Steril Ijazah Palsu

Bagikan

*Gudang Arsip Dibongkar, Tidak Ada Temuan

MATARAM – Rumor ijazah palsu yang dimiliki pegawai negeri sipil (PNS), saat ini belum terbukti di lingkup pemerintahan Provinsi NTB. Fakta itu atas hasil pemeriksaan sementara Badan Kepegawaian Daerah (BKD).\

“Sesuai arahan Pak Gubernur, kita sudah lakukan pengecekan. Tapi belum ada indikasi adanya ijazah palsu,” kata Kepala BKD NTB H Muhammad Suruji.

Pengecekan dilakukan pada gudang data dan tata naskah BKD NTB. Suruji memastikan bahwa ijazah yang digunakan PNS untuk melengkapi dokumen kepegawaiannya tidak ada yang bermasalah sebagaimana ditemukan di daerah lainnya.

Meski demikian, BKD masih membuka diri jika ada laporan dari masyarakat perihal dugaan ijazah palsu PNS. Jika laporan masyarakat dapat dibuktikan, ia berjanji akan ada sanksi tegas terhadap oknum bersangkutan.

Sanksi yang bisa dikenakan sebagai PNS pengguna ijazah palsu, lanjutnya, bisa berupa penurunan pangkat sekaligus golongan dari bersangkutan. Bahkan, sanksi lebih berat seperti pemecatan juga menanti.

“Tentu kalau ada laporan dari masyarakat akan kami dalami. Tapi, sejauh ini belum ada,” katanya.

Hingga kini, BKD sendiri belum melanjutkan proses pemeriksaan lebih jauh. Pasalnya, Suruji mengaku belum ada petunjuk teknis yang jelas perihal prosedur pemeriksaan ijazah palsu tersebut. Bahkan, edaran dari menteri pun diakui belum diterima.

“Katanya memang ada edaran dari menteri untuk melakukan investigasi ijazah palsu tapi kita juga belum terima,” katanya. (uki/r12)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *