Ketik disini

Headline Metropolis

Ramadan, Pengemis “Digulung “Tiap Hari

Bagikan

*Pol PP Petakan Titik Rawan

MATARAM – Satuan Polisi Pamong Praja NTB memastikan akan membersihkan para pengemis yang berkeliaran pada bulan Ramadan. “Kami sudah petakan titik-titik yang menjadi lahan bagi para pengemis. Nanti akan kami sterilkan selama Ramadan,” kata Kasat Pol PP NTB, Ibnu Salim pada Lombok Post, kemarin.

Menurutnya, saat Ramadan nanti, lokasi yang rawan pengemis antara lain seperti di masjid raya dan perempatan dengan lampu pengatur lalu lintas. Titi-titik itu akan dipantau terus oleh Sat Pol PP.

Di sana, kata Ibnu, akan ditempatkan petugas yang akan memantau setiap saat. Pol PP juga kata dia, akan menjalin komunikasi serta berkoordinasi dengan SKPD maupun Satpol PP tingkat kabupaten/kota untuk mengantisipasi membanjirnya pengemis Ramadan nanti. “Akan ada patroli rutin setiap hari nantinya,” ujarnya.

Di luar itu, untuk meningkatkan keamanan dan kenyamaan, kata Ibnu Salim, patroli akan dilakukan pada malam hari menjelang pelaksanaan salat isya dan tarawih. Sudah diperintahkan untuk seluruh Sat Pol PP kabupaten/kota agar secara intens menjaga pelaksanaan ibadah puasa Ramadan.

Terpisah, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana NTB T Wismaningsih Drajadiah mengatakan, akan banyak anak-anak yang “berprofesi” menjadi pengemis pada saat Ramadan nanti.

Pengemis dadakan seperti ini, lanjutnya, banyak didominasi oleh anak-anak dengan berbagai modus. Seperti modus dengan meminta sumbangan untuk panti asuhan tertentu. Biasanya mereka akan mendatangi rumahmaupun pertokoan dengan membawa kotak sumbangan, disertai dengan surat rekomendasi dari salah satu panti asuhan.

Jika mendapati hal seperti itu, kata Wismaningsih, lebih baik tidak diberikan sumbangan. Karena banyak kejadian, alamat panti asuhan yang digunakan merupakan alamat fiktif. “Sama saja kita menyemangati mereka untuk terus ngemis, jadi lebih baik jangan,” katanya. (cr-dit/r12)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *