Ketik disini

Headline Praya

Ribuan Liter Miras Dimusnahkan

Bagikan

PRAYA – Ribuan liter minuman keras (miras) berbagai merek dimusnahkan polisi. Barang haram itu disita Polres Lombok Tengah hasil operasi pekat dan cipta kondisi menjelang Ramadan.

“Yang paling banyak miras jenis tuak,” kata Kapolres Loteng AKBP Nurodin SIK, kemarin saat memusnahkan barang haram ini.

Dia menerangkan, untuk jenis tuak dalam bentuk jerigen sebanyak 3.889 liter dan botol 90 liter. Lalu jenis berem 360 liter, arak 250 botol, empat dus bir angker, dua botol topi miring dan enam botol anggur kolesom.

“Kita musnahkan ini guna menyambut puasa dan kita terus berupaya mempersempit ruang gerak peredaran miras ini,” ujar Nurodin.

Kendati di Gumi Tatas Tuhu Trasna tidak banyak tempat hiburan malam seperti Senggigi, Lombok Barat. Namun, tetap saja polisi berupaya memberikan efek jera kepada pengedar atau pun penjual miras. Karena secara langsung berdampak mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Gangguan kamtibmas itu, diakui berawal dari miras. “Miras yang kita musnahkan ini, ada juga hasil patroli dan razia di luar kegiatan operasi pekat atau cipta kondisi,” ungkapnya.

Dia menekankan, kegiatan razia tetap digelar rutin dan setiap barang haram yang ditemukan langsung disita. Sementara pemilik diwajibkan menandatangani surat pernyataan. Jika ditemukan kembali mengedar atau menjual maka akan dijerat tindakan pidana.

“Saya mengimbau masyarakat, mari kita menjaga kamtibmas selama puasa ini. Mari kita awasi bersama peredaran dan penjualan miras ini. Termasuk juga, trek-trekan motor maupun petasan,” sebutnya.

Kegiatan pemusnahan miras itu juga, disaksikan langsung unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda), tokoh agama, masyarakat, pemuda dan unsur pemerintah desa/kelurahan.

“Yang paling penting saya ingatkan kepada masyarakat, tolong jangan memainkan petasan. Karena mengganggu kenyamanan ibadah puasa. Khususnya, selama salat Tarawih,” ujar Nurodin.

Dia menambahkan, miras yang dimusnahkan ini akan dibuang ke TPA Lanjut Praya Tengah. Dia pun telah memberi perintah kepada jajaran Polsek untuk menjaga keamanan masing-masing wilayah. Khususnya, Babinkamtibmas yang ditugaskan di seluruh desa/kelurahan di Loteng. Tentunya berkerja sama dengan tokoh agama, pemuda dan masyarakat.(dss/r11)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *