Ketik disini

NASIONAL

Umar Septono Resmi Jadi Kapolda NTB

Bagikan

JAKARTA – Brigjen Umar Septono resmi menjadi Kapolda NTB. Mantan Karo Binops Polri ini menggantikan Brigjen Srijono yang kini menjabat Karojianbang Lemdikpol Polri. Pelantikan Kapolda NTB ini bersamaan dengan pelantikan tujuh kapolda seluruh Indonesia, serta lima pejabat di Mabes Polri.

Dalam sambutannya, Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti mengatakan, pergantian maupun rotasi di tubuh bayangkara dilakukan sebagai upaya penyegaran dan regenerasi.

 “Di tengah keterbatasan SDM yang ada, Polri terus berusaha untuk memenuhi harapan masyarakat,” ungkapnya di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri, Jumat (12/6) kemarin.

Mantan Kapolda NTB Brigjen Srijono menggantikan Brigjen Raden Budi Winarso yang pindah ke Kadiv Propam. Budi Winarso sendiri menggantikan Komjen Syafruddin yang kini menjabat Kepala Lembaga Pendidikan Polisi (Kalemdikpol). Adapun posisi Asisten Sumber Daya Manusia (SDM) Polri yang ditinggal Irjen Haka Astana pensiun digantikan Irjen Sabar Rahardjo.

Asisten Rencana dan Anggaran (Arsena) Kapolri Inspektur Jenderal (Irjen) Tito Karnavian dipercaya menjadi Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Unggung Cahyono. Posisi Unggung sendiri digeser menjadi Asisten Operasi (Aops) Kapolri yang sebelumnya dijabat Irjen Arief Wahyudi. Arief sendiri menggantikan posisi yang ditinggalkan Tito.

Lalu ada Brigjen Budi Martoyo yang menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Selatan, menggantikan Irjen Machmud Arifin yang digeser posisinya menjadi Kepala Divisi (Kadiv) Teknologi Informasi Polri. Sementara Kapolda Jawa Barat yang baru dijabat Irjen Mochmad Iriawan yang bertukar posisi dengan Kadiv Bidang Hukum Irjen Moechgiyarto. Adapun Kapolda Kalimantan Tengah akan ditempati Brigjen Fakhrizal, menggantikan Brigjen Bambang Hermanu yang dipersiapkan menjadi Dewan Ketahanan nasional (Wantanas).

Penunjukkan Brigjen Sobri Effensi Surya sebagai Karo Renmin Bareskrim Polri membuat jabatan Kapolda Maluku Utara yang dijabatnya harus berpindah ke tangah Imam Budi Supeno. Sementara posisi Kapolda Jambi pindah ke tangan Brigjen Lutfi Lubihanto, menggantikan Brigjen Bambang Sudarisman.

Terkait capaian yang harus dicapai, Badrodin meminta para pejabat baru untuk menyelaraskan program yang dicanangkan institusi yang dipimpinnya. Yakni, meningkatkan soliditas, profesionalitas, serta membangun sinergitas dengan masyarakat. Selain itu, meningkatkan upaya pengamanan terhadap berbagai komunitas termasuk pengamanan industri dan kelompok minoritas.

“Ini prioritas yang tentu sudah mulai dilaksanakan,” pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Kapolri juga menyampaikan minimnya tingkat kepercayaan masyarakat kepada Polri. Hal ini tidak lepas dari masih banyaknya oknum polisi yang menyalahgunakan wewenang, bertingkah kasar dan arogan kepada masyarakat.

Oleh karenanya, dia meminta semua pejabat yang berada dibawahnya untuk bersama-sama membangun citra Polri.

“Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah turut andil dalam menyelesaikan berbagai persoalan masyarakat,” pungkasnya. (far/r7)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *