Ketik disini

Selong

LLK Latih Remaja

Bagikan

*Cegah Bertambahnya Pengangguran

SELONG – Lembaga Latihan Kerja (LLK) Lombok Timur memulai pelatihan tahap pertama di 2015, Sabtu lalu. Selama dua bulan ke depan, 137 remaja yang umumnya lulusan SMA diberi pembekalan keterampilan.

”Ini untuk bekal dia masuk dunia kerja,” kata Kepala LLK Lotim Harun pada Lombok Post.

Dijelaskan, melalui pelatihan yang diberikan, diharap dapat mencegah pengangguran terbuka di Lombok Timur. Peserta terbagi dalam dua kelas berbeda. Ada administrasi perkantoran yang diikuti 121 orang dan 16 peserta lainnya ikut kelas otomotif.

Secara garis besar mereka diberikan tiga keahlian yakni mencakup kompetensi umum, kompetensi dasar keahlian, dan kompetensi inti. ”Nanti kalau sudah lulus, kita bantu juga promosikan mereka ke perusahaan yang sudah ada MoU,” katanya.

Para peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari seluruh kecamatan di Lotim.Mereka membayar satu juta rupiah untuk setiap orang. Dana itu kata Harun disetorkan ke kas daerah dan masuk dalam retribusi jasa umum.

Sekretaris Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lotim Mulki mengharap semua peserta mengikuti pelatihan dengan sungguh-sunguh.

Jika bekal yang didapat bisa diaplikasikan, ia yakin semua lulusan akan terserap langsung ke dunia kerja. ”Jangan sampai ke luar dari sini tak ada perubahan, kalian sudah bayar mahal,” katanya mewanti-wanti.

Di tengah persaingan yang semakin ketat, ia mengingatkan setiap peserta didik memiliki mental kuat. Setelah bekerja nantinya, semangat kerja keras dengan penuh integritas juga harus terus ditanamkan. Tidak boleh ada rasa malas, apalagi bekerja alakadarnya saja.

”Kalau seperti itu, banyak orang lain yang siap gantikan anda,” pungkasnya. (yuk/r11)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *