Ketik disini

Sportivo

Sekolah Pinggiran Perlu Perhatian

Bagikan

* SD, SMP, dan SMA Negeri Satap 4 Gunungsari Gelar Perpisahan

GIRI MENANG — SD, SMP, dan SMA Negeri Satu Atap (Satap) 4 Gunungsari menggelar perpisahan, Sabtu (13/6). Acara ini dihadiri Kepala Dinas Dikpora Lobar, Kepala Desa, Kepala UPTD, Wakil Ketua DPRD Lobar, dan tokoh masyarakat setempat.

Meski berlokasi di pinggiran, sekolah ini sanggup memberikan hiburan menarik. Kreativitas siswa luar biasa. Hiburan yang ditampilkan, mampu membius para tamu.

Kepala SD, SMP, dan SMA Negeri Satu Atap 4 Gunungsari Musa Sopian, mengatakan, walaupun berada di pinggiran, siswanya mampu memberikan sesuatu yang lebih.

“Banyak sekali hasil pelatihan dan ekstrakurikuler yang kami suguhkan pada acara ini,” kata Musa Sopian, Sabtu (13/6).

Dijelaskan, sekolah sudah bekerja keras untuk menggodok siswa supaya berprestasi. Baik akademik maupun nonakademik.

”Kami memberikan siswa pelajaran tambahan, agar mereka mampu mengembangkan dirinya,” sambungnya.

Diakuinya, mengembangkan sekolah pinggiran tidak mudah. Keadaan fisik dan kurangnya fasilitas sekolah menjadi persoalan. Ruangan kelas dan jumlah siswa tidak sebanding.

“Buktinya, sekolah ini hanya memiliki sembilan ruang untuk SD dan tiga ruangan untuk SMP. Sementara untuk SMA ada dua ruangan,” terangnya.

Musa mengaku, terkadang ruangan gudang digunakan untuk belajar. Kondisi ini diakui cukup ironis. Belum lagi, kondisi jalan penuh lubang dan berbatu. “Sekarang ini, kami telah menggandeng Wakil Ketua DPRD Lombok Barat untuk membantu pembangunan akses jalan sekolah. Mudah-mudahan ini semua bisa terealisasi,” harapnya.

Selain itu, sambungnya, guru merupakan tonggak pendidikan. Guru perlu diperhatikan. Sekolah yang dipimpinnya memiliki banyak guru honor.

”Pemerintah seharusnya memperhatikan guru honor, jam kerjanya sama dengan PNS. Guru honor ini hanya mendapat Rp 300 ribu tiap bulan,”imbuhnya.

Dalam momen perpisahan, ia berharap, wali murid tetap mengarahkan anaknya untuk melanjutkan sekolah di sekolah tersebut. “Sekolah ini sudah mampu bersaing dengan sekolah unggulan lainnya. Buktinya, dalam semester terakhir sudah banyak memilliki prestasi. Baik pada tingkat kecamatan sampai ke kabupaten,” katanya. (cr-lie/*/r13).

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *