Ketik disini

Metropolis

Calon Kepala Daerah Perlu Tes Narkoba

Bagikan

*KPU Diminta Siapkan Aturan

MATARAM – Pemprov NTB mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melakukan tes narkoba terhadap bakal calon kepala daerah yang akan ikut di pilkada serentak tujuh kabupaten/kota, Desember 2015.

“Kewenangan ini memang ada pada KPU. Namun, kami sangat setuju jika tes narkoba menjadi bagian dari pemeriksaan kesehatan para bakal calon nantinya,” kata Wakil Gubernur NTB H Muhammad Amin.

Ia mengatakan bahwa persoalan narkoba ini sudah merambah ke berbagai lapisan masyarakat dengan berbagai modus. Jadi sangat wajar jika tes narkoba ini dilaksanakan.

“Kalau memang kita bukan pengguna atau pemakai narkoba. Kenapa mesti takut dites,” tandas Wagub. Kalaupun calon kepala daerah tidak mau diperiksa, masih banyak calon lainnya yang bisa diusung dan berkeinginan dalam pemberantasan narkoba.

Ini juga untuk menguji atau mengetahui seberapa besar integritas dan kapabilitas calon kepala daerah di mata publik. “Masyarakat tentu juga ingin memastikan bahwa kepala daerah yang nanti akan dipilih bersih dari narkoba,” lanjut orang nomor dua di NTB ini.

Wacana tes narkoba bagi calon kepala daerah ini pertama kali disuarakan Fraksi PPP DPRD NTB. Badan Narkotika Nasional (BNN) diharapkan bisa bekerja sama dengan mengambil peran penting dan strategis untuk proaktif dalam proses seleksi pimpinan daerah, baik bupati/wakil bupati, wali kota/wakil wali kota.

“Ini bentuk antisipasi lebih dini adanya calon yang positif narkoba,” kata Wakil Ketua Fraksi PPP DPRD NTB Nurdin Ranggabarani.

Kata dia, apa yang dilakukan ini merupakan bentuk kepedulian dan keprihatinan terhadap kondisi Indonesia yang mengalami gawat darurat narkoba. Terlebih lagi, banyaknya pemberitaan dan reaksi masyarakat yang berkembang tidak menutup kemungkinan lolosnya para kandidat merupakan pengguna obat-obatan terlarang.

“Tidak menutup kemungkinan, dari sekian figur nantinya ada yang memakai obat-obatan terlarang. Makanya perlu tes untuk memastikan itu,” pungkas Nurdin. (uki/r12)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *