Ketik disini

Pendidikan

MAN 1 Mataram Gelar Workshop K-13

Bagikan

MATARAM — Memantapkan penerapkan proses belajar mengajar menggunakan kurikulum 2013 (K-13), MAN 1 Mataram memberikan pembinaan kepada tenaga pendidik.

‘’Bukan hanya guru MAN 1 saja yang kami berikan pembinaan. Guru dari KKM MAN 1 Mataram juga kami berikan pembinaan terkait K-13,’’ kata Waka Kurikulum MAN 1 Mataram Jupri pada Lombok Post.

Pendampingan K13 di MAN 1 Mataram ini dibuka Kabid Mepanda Jalalusayuti. Hadir sebagai nara sumber dari perwakilan LPMP NTB dan Dinas Dikpora Mataram. Ada 100 guru dari KKM MAN 1 Mataram terlibat.

Jupri menjelaskan, MAN 1 Mataram merupakan salah satu madrasah yang menerapkan K-13. Sudah satu tahun MAN 1 Mataram menerapkannya. Namun hasilnya dinilai belum optimal. Banyak guru yang belum paham model pembelajaran K-13.

“Pola pikir KTSP menjadi K13 ini yang kami harus ubah,’’ ucapnya.

Pembelajaran K-13 menekankan karakter dan pembelajaran nyata. Penilaian K-13 menggunakan penilaian autentik. Penilaian ada pada proses bukan pada hasilnya. ‘’Guru masih bingung dalam melakukan penilaian autentik seperti ini,’’ terangnya.

Dalam prosesnya, sambungnya, guru dituntut kreatif menggunakan media pembelajaran berbasis IT. ‘’Pada K13 ini guru melek IT,’’ ujarnya.

Diakuinya, penerapan K-13 membuat jam belajar bertambah. Sebelumnya siswa melaksanakan proses belajar mengajar 6 jam per hari. Pada di K-13 satu hari menjadi sembilan jam.

Di tempat yang sama, Kepala MAN 1 Mataram Muhamad Mohan mengatakan, pendampingan ini sudah kesekian kalinya dilaksanakan madrasah. Dalam pendampingan, guru bisa bertanya langsung kendala yang dihadapi dalam pembelajaran.

‘’Kami ingin apa yang menjadi kendala pada K-13 bisa ditanyakan langsung,’’ katanya. (jay/*/r13)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *