Ketik disini

Metropolis

Marbot dan Penjaga Pura Gratis

Bagikan

* BPJS-nya Dibayar Disosnakertrans

MATARAM – Pemerintah Kota Mataram melalui Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disostransnaker) memberikan secara gratis BPJS Ketenagakerjaan pada marbot dan penjaga Pura. Hal itu diungkapkan Kepala Disosnakertrans H Ahsanul Khalik.

Dikatakan, sedikitnya ada 400 marbot dan penjaga Pura yang menerima subsidi ini.

Pembayarannya dianggarkan melalui APBD untuk setiap tahun. “Mereka adalah orang-orang yang sudah melakukan pekerjaan dengan ikhlas, tentu harus lebih diprioritaskan,” ungkap Ahsanul.

Menurutnya, sekarang ini belum ada rencana penambahan jumlah penerima BPJS Ketenagakerjaan. Semua tergantung anggaran daerah. “Jika ada penambahan anggaran, maka penerima BPJS pasti akan kami tambah,” imbuhnya.

Terkait BPJS Ketenagakerjaan untuk penjaga Gereja dan Vihara, Pemkot Mataram tidak mengaturnya dalam anggaran. Penyebabnya, BPJS Ketenagakerjaan pengurus Gereja dan Vihara sudah diurus kepengurusan masing-masing. “Kita utamakan yang bekerja dengan sukarela,” kata pria asal Masbagik, Lombok Timur ini.

Sedangkan untuk pedagang kaki lima (PKL) dan petani, pemkot hanya memberikan subsidi selama tiga bulan. “Ada sekitar 500 PKL dan petani menerima kartu BPJS ini,” bebernya.

Setelah tiga bulan, para PKL dan petani melakukan pembayaran iuran sendiri sebesar Rp 18.900 per bulan hingga mereka meninggal dunia. Untuk itu, Dinsostransnaker mengadakan sosialisasi terkait cara pembayaran iuran tersebut. “Pembayaran bisa via bank, atau datang langsung ke pusat pembayaran BPJS-nya,” tandas mantan Camat Cakra ini. (cr-fer/r8)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *