Ketik disini

Headline NASIONAL

Tidak Ada Tes CPNS Tahun Ini

Bagikan

* Pemerintah Fokus Hitung Kebutuhan

JAKARTA – Masyarakat yang mengimpikan menjadi pegawai negeri sipil (PNS), siap-siap gigit jari. Pasalnya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengisaratkan tidak ada tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) baru tahun ini. Pemerintah fokus menata dan menghitung ulang kebutuhan riil pengawai negeri.

Informasi tidak ada tes CPNS tahun ini muncul dalam audiensi antara DPRD Pacitan dengan jajaran Kementerian PAN-RB di Jakarta kemarin. Asisten Deputi Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program, dan Pembinaan SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Bambang Dayanto Sumarsono mengatakan, tahun ini tidak ada penerimaan CPNS baru. Baik dari pelamar umum maupun kelompok pelamar tenaga honorer kategori dua (K-2).

Paling cepat tes CPNS akan dibuka lagi tahun depan. Meskipun begitu Kementerian PAN-RB tetap membuka kuota CPNS baru di sekolah-sekolah kedinasan. Seperti sekolah kedinasan STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara), IPDN, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIN), serta Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG).

“Sudah menjadi kesepatan bersama antara pemerintah dengan DPR bahwa tes CPNS baru dimulai lagi tahun depan. Jadi tahun ini nihil,” kata dia.

Tahun depan tes CPNS dibuka untuk kelompok pelamar umum, tenaga honorer K-2, serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Dia menegaskan tahun ini pemerintah fokus menganalisa data dan menyusun roadmap kepegawaian nasional.

Juru bicara Kementerian PAN-RB Herman Suryatman mengatakan, informasi bahwa tidak ada lowongan CPNS baru sejatinya belum bisa disampaikan ke publik.

“Kalau sudah dibicarakan dalam forum audiensi itu, mungkin sifatnya itu untuk internal pemerintahan dulu,” kata dia.

Herman mengatakan dalam waktu dekat Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi akan menyampaikan informasi lengkap tentang tes CPNS.

Sementara itu informasi tidak ada lowongan CPNS baru untuk tahun ini belum diketahui sejumlah anggota Komisi II (bidang pemerintahan) DPR. Anggota Komisi II DPR Yandri Susanto mengatakan, belum ada informasi resmi dari Kementerian PAN-RB bahwa tahun ini tidak ada lowongan CPNS baru.

“Patokan kami (Komisi II DPR, Red) adalah hasil raker dengan Menteri PAN-RB yang terakhir,” ujarnya. Yandri mengatakan, dalam raker terakhir itu Menteri Yuddy mengatakan pemerintah menyiapkan kuota CPNS baru 2015 sebanyak 130 ribuan kursi.

Rinciannya adalah 30 ribu kursi CPNS baru untuk diisi kelompok pelamar tenaga honorer K-II. Sementara 100 ribu kursi CPNS lainnya diisi kelompok pelamar umum.

“Kalau memang ada rencana tidak membuka CPNS baru tahun ini, Menteri Yuddy harus segera menjelaskan kepada publik,” katanya.

Menurutnya ini penting diumumkan agar tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat. Yandri juga mengatakan, pemerintah harus mempertimbangkan kekosongan kursi PNS akibat pensiun tahunan. (wan/r7)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 wholesale jerseys