Ketik disini

Ekonomi Bisnis

Banyak Perusahaan Belum Daftar BPJS

Bagikan

MATARAM – Ternyata masih banyak perusahaan yang berlum mendaftarkan karyawannya di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Di Kota Mataram saja, 45 persen perusahaan belum mendaftarkan karyawannya sebagai peserta di BPJS Kesehatan, dan 15 persen di BPJS Ketenagakerjaan.

“Jumlah pekerja perusahaan di Kota Mataram hampir 33 ribu orang dari seribu lebih perusahaan,” terang Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Kota Mataram H Ahsanul Khalik pada wartawan, Selasa (16/6).

Dia mengakui, banyak perusahaan belum memahami manfaat BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan. Padahal mendaftarkan karyawan sebagai peserta BPJS merupakan kewajiban perusahaan, karena tertuang dalam Undang Undang Nomor 24 tahun 2011 Tentang BPJS. Disebutkan, setiap perusahaan wajib terdaftar di BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan per 1 Januari 2015.

“Makanya kita terus lakukan pembinaan, sosialisasi kepada perusahaan,” imbuhnya.

Khalik menegaskan, bila hal ini tidak diindahkan perusahaan, maka akan diberlakukan dalam nota pengawasan. Bila sudah dalam tahap ini, maka pemerintah bisa melanjutkan kasusnya ke jalur hukum.

Untuk di Kota Mataram sendiri, lanjutnya, bila perusahaan sudah masuk dalam badan perizinan, perusahaan harus bisa menunjukkan kepesertaan karyawannya di BPJS. “Siapa pun status karyawannya harus dibuat,” tegasnya. (ewi/r4)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *