Ketik disini

Pendidikan

Bukan Cuma Ijazah dan Lulus

Bagikan

* Mahasiswa STIA Mataram Gelar KKN

MATARAM — Selepas kuliah, para lulusan universitas negeri maupun swasta bukan langsung bisa merasakan empuknya kursi kantoran. Mereka harus bisa bersaing dan memenuhi kualifikasi pekerjaan supaya tidak pengangguran.

Kondisi ini dibaca Wakil Ketua Bidang Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Mataram Drs H Ridwan saat melepas para mahasiswanya yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Senin (15/6). Banyak wejangan yang dia sampaikan ke para anak didiknya.

‘’Mindset tentang kuliah itu harus diubah. Kuliah jangan hanya sekadar ingin cepat lulus dan dapat ijazah. Bisakan ijazah menjamin kalian bisa mendapat pekerjaan,’’ tanya Ridwan di hadapan para mahasiswa.

Menurut Ridwan, hal mendasar yang harus dimiliki mahasiswa agar mampu dilirik perusahaan atau instansi pemerintahan adalah kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni. Jika kedua hal itu ada, seorang sarjana tak perlu risau masa depannya akan suram.

‘’Bisa dilihat, sekarang dalam penempatan pejabat sudah diatur dalam Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN), sehingga tak ada peluang bagi pihak-pihak tertentu untuk ‘’bermain’’. Semua ditempatkan sesuai kemampuan dan kapabilitasnya,’’ ujarnya.

Kalaupun tak ingin bekerja kantoran, sambungnya, peluang untuk mendapat penghasilan bisa didapatkan lewat jalur wiraswasta. Ekonomi kreatif menjadi salah satu bisnis yang terbuka untuk dikembangkan.

KKN STIA Mataram tahun ini diikuti angkatan ke-26 dengan jumlah peserta 190 orang. Mereka berasal dari dua program studi, yakni ilmu administrasi niaga serta ilmu administrasi negara. Sebanyak 17 dosen pembimbing disiapkan pihak kampus. Bobot KKN 4 SKS. Ini merupakan syarat wajib bagi mahasiswa yang akan menyelesaikan program sarjana.

‘’Melalui KKN, kalian bisa belajar berorganisasi. Harus serius melaksanakannya,’’ pesan Ridwan.

Para mahasiswa selama KKN akan melaksanakan beberapa kegiatan di lingkungan kampus. Diantaranya, kegiatan utama melanjutkan/membangun prasarana kampus, program pendampingan penataan kampus serta kegiatan yang merupakan kreativitas dosen masing-masing. (ida/*/r13)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *