Ketik disini

Bima - Dompu

Khayir Lolos Verifikasi

Bagikan

BIMA – Bakal calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bima dari jalur independen, Abdul Khayir SH MH dan Abdul Hamid MSi dinyatakan memenuhi syarat dukungan. Hal tersebut ditegaskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat setelah melakukan verifikasi faktual, Senin (15/6).a�Z

“Total dukungan yang diserahkan sebanyak 39041 dari syarat awal sebanyak 38954. Sebaran dukungan mencakup di seluruh kecamatan.

Antara soft copy dan hard copy sudah sesuai,” ungkap Ketua KPU Bima Siti Nursusila SIP, usai proses verifikasi dukungan Senin (15/6) malam.

Dijelaskan, berkas pasangan tersebut awalnya dikembalikan oleh KPU lantaran masih belum memenuhi syarat. Namun pasangan tersebut memperbaiki sebelum waktu penyerahan selesai.

“Kita kembalikan disebabkan karena ada kekurangan lebih dari 100 dukungan. Tapi yang bersangkutan bisa memenuhi kekurangan itu tepat waktu,” terangnya.

Sila mengatakan, syarat dukungan yang telah diserahkan itu merupakan tahap kedua penyerahan atau penyerahan syarat perbaikan.

“Jadi jumlah tolal dukungan Khayir dan Hamid lebih banyak dari syarat minimal dukungan yang ditetapkan. Sehingga mereka dinyatakan lolos verifikasi ini,” ujarnya.

Sementara itu, hasil verifikasi syarat administrasi dua pasangan bakal calon lain yakni H Muhtar-Ahmad Mutalib dan Mustamin-Khaerudin masih menunggu hasil verifikasi. “Rencananya, Kamis (Besok, red) sudah ada keputusan,” ucap Sila.

Lebih lanjut Ketua KPU menjelaskan, berkas dukungan untuk pasangan Muhtar-Mutalib diserahkan pada Senin (15/6) siang sekitar pukul 14.00 Wita. Sementara pasangan Mustamin-Khaerudin menyerahkan syarat dukungan pada hari yang sama sekitar pukul 15.50 Wita.

“Kami mulai periksa berkas mereka. Belum bisa kita pastikan terima atau tidak. Kita sesuaikan hard copy dan soft copy pada verifikasi nanti. Kalau ada yg belum memenuhi syarat, balon itu dinyatakan out karena waktu penerimaan berkas sudah selesai,” tegasnya.

Sila menambahkan, mulai tanggal 19 Juni pihaknya akan menyerahkan berkas pasangan perseorangan itu ke PPS untuk verifikasi faktual. Setelah itu akan dilakukan verifikasi dugaan kegandaan setelah penelitian berkas.

“Saat ini kita cuma pemeriksaan berkas. Untuk menyatakan itu ganda atau tidak nanti akan dilakukan lagi,” pungkasnya. (edo/r9)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 wholesale jerseys