Ketik disini

Sumbawa

Cabai Turun, Daging Naik

Bagikan

SUMBAWA – Sehari menjelang bulan suci Ramadan, harga sejumlah kebutuhan pokok masih tergolong stabil. Ada sejumlah kebutuhan pokok yang harganya turun, seperti bawang merah dan cabai keriting. Ada pula kebutuhan pokok yang harganya naik, seperti daging, telur dan ikan asin.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Sumbawa, melalui Kepala Seksi (Kasi) Perdagangan, Rudy Lang, SH, mengatakan bahwa pihaknya tetap intens melakukan pemantauan harga barang di pasaran. Bahkan, Selasa (16/6), dia telah turun melakukan pemantauan harga barang bersama dengan Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi NTB di Kabupaten Sumbawa.

Dari hasil pemantauan tersebut, terdapat dua komponen yang harganya turun dan ada empat komponen yang harganya telah naik. Seperti harga bawang merah misalnya, dari harga Rp 22 ribu turun menjadi Rp 20 ribu perkilogram. Kemudian harga cabai keriting juga demikian, dari Rp 30 ribu turun menjadi Rp 25 ribu per kilogram.

”Penyebab turunnya harga bawang merah dan cabai keriting itu karena banyaknya pasokan. Petani lagi panen,” tambahnya.

Di bagian lain, dia juga mengungkapkan adanya kebutuhan pokok yang harganya naik. Seperti harga daging sapi, dari harga Rp 85 ribu, kini telah naik menjadi Rp 90 ribu. Harga daging ayam potong, harga semula Rp 38 ribu, naik menjadi Rp 40 ribu.

Sedangkan harga telur ayam ras, dari Rp 1.700, naik menjadi Rp 2 ribu per butir. Kemudianharga ikan asin juga naik, dari harga Rp 47 ribu menjadi Rp 50 ribu perkilogram.

”Kalau harga telur, memang karena ada kenaikan dari distributor, karena itu dari Bali kita datangkan. Kalau harga daging, info dari pedagang itu karena kenaikan permintaan. Tapi kesimpulan sementara dari kami, kenaikan secara sepihak dari pedagang,” pungkasnya. (ony/r9)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 wholesale jerseys