Ketik disini

Sumbawa

Sebagian Warga Terima Kompensasi

Bagikan

SUMBAWA – Meski sebagian warga menolak, pembayaran ganti rugi lahan untuk pembangunan Jalan Samota terus berjalan. Khusus untuk warga dari Desa Batu Bangka, Kecamatan Moyo Hilir, 18 orang yang lahannya terkena dampak pembangunan kemarin mendatangi Bagian Aset Setda Sumbawa. Mereka secara bergiliran maju untuk menandatangani surat perjanjian pembayaran ganti rugi.

Sesuai data di Bagian Aset Setda Sumbawa, khusus untuk warga Batu Bangka, per are lahan yang terkena dampak pembuatan jalan mendapat kompensasi Rp 11,809 juta. Total ada 20 lokasi lahan milik warga di wilayah Batu Bangka yang terkena dampak pembangunan jalan Samotayang ditargetkan selesai tahun 2017 mendatang.

“Kita sudah tanda tangani kuitansi pencairan tadi. Setelah semuanya lengkap katanya baru akan dicairkan uangnya,” kata H Mustami, salah seorang warga Batu Bangka. Dia mengaku ada 43 are lahannya terkena dampak pembangunan Jalan Samota.

Menurutnya, sebagai warga negara yang baik, dia bersama warga Batu Bangka lainnya siap mengikuti apa yang diharapkan pemerintah. Termasuk nilai kompensasi yang diberikan untuk mengganti lahan warga yang harus digunakan untuk pembuatan jalan.

Diakui, sebelum proyek tersebut dimulai, pemerintah memang telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang lahannya terkena dampak pembangunan. Mendengar penjelasan pemerintah serta melihat asas manfaat yang besar ke depan khusus warga Batu Bangka menyetujui mega proyek tersebut melewati lahan warga. Terlebih dengan adanya kompensasi yang diberikan pemerintah.

“Karena teman-teman semuanya setuju dan kami melihat dampak positifnya sangat besar, saya juga setuju,” kata Ibu Ria pemilik 23 are lahan yang terkena dampak pembuatan jalan kepada Radar Sumbawa (Lombok Post Group) usai dari ruang Aset Setda Sumbawa, kemarin. (aen/r3)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *