Ketik disini

Ekonomi Bisnis Headline

Asyik, Bayar STNK Bisa Lewat Ponsel

Bagikan

MATARAM – Operator XL Axiata bekerja sama dengan Pemprov NTB untuk menggelar layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui layanan uang elektronik XL Tunai. Ketika program yang merupakan perluasan dari agenda XmartCity ini mulai digelar bulan depan, warga NTB tak perlu lagi mengantri di layanan pembayaran pajak konvensional. “Mulai 17 Agustus 2015 mendatang, masyarakat bisa membayar pajak kendaraan bermotor lewat XL Tunai,” ujar Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) NTB Hj Putu Selly Andayani di dampingi XL Axiata dan Jasa Raharja Kanwil NTB, Senin (6/7) lalu.

Untuk memakai layanan pembayaran pajak kendaraan dengan XL Tunai, pelanggan mengakses menu di *123*120#. Setelah memasukkan nomor kendaraan, akan keluar info berapa pajak yang harus dibayar. Selanjutnya, pelanggan akan mendapat notifikasi SMS, dan dapat mencetak bukti pembayaran pajak di loket-loket yang telah disediakan Dispenda. Cara ini, menurut Selly, jauh lebih praktis dibandingkan dengan mendatangi pusat layanan pajak konvensional yang waktu operasionalnya terbatas.

“Dengan XL Tunai, misalnya, pembayaran yang dilakukan pukul 23.59 (sebelum hari batas akhir) pun masih dihitung belum terlambat,” katanya mencontohkan.

Dia berharap metode pembayaran pajak kendaraan dengan XL Tunai akan mendorong masyarakat NTB, termasuk yang tinggal di luar daerah, untuk membayar pajak kendaraannya tepat waktu sehingga meningkatkan pendapatan daerah. Pasalnya, saat ini potensi pajak kendaraan bermotor (PKB) di NTB sekitar 1.200.000 atau 60 persen berpotensi aktif. Sementara 40 persen potensi lainnya tidak mendaftar ulang.

“Semoga dengan terobosan yang kami lakukan bersama 4G LTE dari XL ini, dapat membantu kami dalam pelayanan pada wajib pajak,” pungkasnya.

Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan mengatakan, melalui program XmartCity dan XmartVillage, XL ingin membantu pemerintah daerah dan masyarakat setempat untuk memaksimalkan potensi yang mereka miliki melalui pemanfaatan internet cepat dan teknologi digital. Program kerja sama pemanfaatan fasilitas XL Tunai untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor ini merupakan salah satu bentuk implementasinya. Melalui program ini, XL berharap XL Tunai bisa menjawab kebutuhan Pemprov NTB untuk meningkatkan tingkat pembayaran pajak, sekaligus mempermudah masyarakat untuk melakukan pembayaran.

“Ini sekaligus yang pertama di Indonesia untuk model kerja sama layanan seperti ini,” ujarnya.
Dia menambahkan, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyambut positif kerja sama antara Pemprov NTB dengan XL Axiata, dalam menyediakan fasilitas pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui uang elektronik.

“Memang, banyak pemda yang ingin melakukan hal serupa. Hanya saja, bapak menteri minta agar caranya berbeda-beda karena masing-masing daerah punya kebutuhan yang berbeda pula,” tandasnya. (ewi/r4)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *