Ketik disini

Bima - Dompu

KPU Gelar Bimtek Pemutakhiran Data

Bagikan

BIMA – Mendekati pendaftaran bakal calon kepala daerah, KPU Kabupaten Bima melakukan sejumlah persiapan. Diantaranya menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pemutakhiran data pemilih kepada penyelenggara di tingkat PPK.

Bimtek selama dua hari ini dimaksudkan untuk mempersiapkan beberapa hal mengenai pemutakhiran data pemilih. Sesuai tahapan, proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) kepada pemilih dilakukan mulai tanggal 15 Juli hingga 19 Agustus mendatang.

“Coklit ini akan dilaksanakan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP),” kata Ketua KPU Bima, Siti Nursusila SIP, kemarin.

Dijelaskan, sebanyak 693 PPDP sudah direkrut. Mereka tersebar di tiap desa untuk mendata pemilih dengan mendatangi ke rumah-rumah warga. PPDP ini akan bertugas melakukan Coklit di masing-masing TPS. Mereka akan mendata pemilih yang sudah masuk di DP4 maupun yang belum terdaftar sebagai pemilih.

Bintek tersebut, Sila juga menyampaikan penjelasan tentang mekanisme pemutakhiran data pemilih. Secara berjenjang, PPDP, PPS dan PPK diharapkan bisa bekerja maksimal.

“Kalau mencermati tahapan Coklit, suasananya akan berbarengan dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri. Tentu dibutuhkan perhatian dan kerja ekstra,” ujarnya.

Agar Coklit bisa berjalan maksimal, Sila mengaku PPDP yang direkrut tersebut merupakan warga di lingkungan masing-masing TPS. Dengan begitu PPDP bisa lebih cepat dan akurat. Katena mereka lebih mengenali dan tahu siapa saja warga sekitar.

“Pemutakhiran data pemilih ini harus benar-benar akurat. Agar sejumlah penduduk yang meninggal dan keluar daerah bisa dicoret. Begitu pun dengan warga yang belum terdaftar dalam DPT, agar bisa dimasukan,” pungkasnya. (edo/r9)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *