Ketik disini

Metropolis

Bangun Miniatur Masjid dari Sumbangan Remaja

Bagikan

Warga Mataram begitu antusias menyambut lomba takbiran pada malam Lebaran nanti. Mereka beramai-ramai mempersiapkan miniatur masjid dan kreasi lainnya.

***

PEMANDANGAN di Masjid Jamiq Ash-Shiddiqi Karang Kelok kemarin terlihat begitu ramai. Di dalam masjid beberapa remaja dan warga terlihat tengah khusyuk melakukan tadarus Alquran. Sementara di luar masjid, terdapat beberapa warga yang tengah asik mengerjakan miniatur masjid dan Alquran jumbo.

“Kita lagi persiapan buat perayaan lomba takbiran malam lebaran nanti ini,” terang Safrudin salah seorang warga.

Sama seperti kebanyakan lingkungan lainnya di Mataram, warga Karang Kelok membuat miniatur masjid untuk menyambut lomba takbiran pada malam lebaran nanti. Bedanya, jika beberapa lingkungan memilih membangun miniatur masjid megah, mereka memilih membuat miniatur masjid yang ada di lingkungan mereka sendiri.

“Kami memilih membuat miniatur ini karena ingin mengenalkan masjid di lingkungan kami kepada masyarakat Kota Mataram pada pawai lomba takbiran,” terang Safrudin bersama warga lainnya.

Kepala Lingkungan Karang Kelok H Mursyid mengatakan, miniatur Masjid Jamiq Ash-Shiddiqi dibangun persis dengan aslinya. Mulai dari konstruksi bangunan, pewarnaan, lampu, taman, bahkan kotak amal, papan pengumuman dan sandal di luar masjid juga dibuat serupa.

“Di dalam miniatur masjid juga ada orang lagi salat berjamaah,” katanya.

Miniatur masjid yang dibangun warga ini biayanya tidak mahal. Ditotal hanya sekitar Rp 1 juta. Semua biaya pembangunan miniatur ini berasal dari sumbangan masyarakat secara sukarela.

“Awalnya anak-anak remaja kami di sini yang urunan mengeluarkan biaya. Tapi melihat antusias remaja, warga juga tergugah ikut menyumbang,” tuturnya.

Dia sangat bersyukur warganya memiliki kesadaran tinggi dan kemauan untuk menjadikan Lingkungan Karang Kelok terus maju. Untuk diketahui, Lingkungan Karang Kelok meraih sejumlah prestasi. Yang terbaru menjadi lingkungan terbersih di Kota Mataram tahun 2015.

Selain membuat miniatur masjid, Lingkungan Karang Kelok juga berencana membuat Alquran jumbo hasil kreasi salah seorang remaja di lingkungan tersebut. Bukan hanya itu, mereka juga telah membuat sekitar 50 lampion yang akan dibawa saat pawai.

“Kami akan kerahkan warga sebanyak-banyaknya untuk mengikuti pawai lomba takbiran pada malam Lebaran nanti,” pungkasnya. (HAMDANI WATHONI)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *