Ketik disini

Pendidikan

Sekolah Sudah Terima Buku K-13

Bagikan

GIRI MENANG – Proses pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 bagi sekolah pilot project tetap berjalan di Lombok Barat. Sebagian besar sekolah telah menerima buku kurikulum 2013 (K-13) untuk kelas IX. Sedangkan buku kelas VII dan VIII sudah didistribusikan tahun lalu.

“Tahun ini semua kelas melaksanakan proses belajar mengajar menggunakan K-13,”kata Kepala SMPN 2 Lingsar Tajuddin pada Lombok Post, kemarin (28/7).

Dijelaskan, SMPN 2 Lingsar salah satu sekolah di Lobar menerapkan K-13. Pembelajaran menggunakan K-13 sudah dilaksanakan dua tahun lalu. Artinya kelas VII dan VIII sudah menerapkan K-13. Tahun ini semua kelas menerapkan K-13.

“Kemarin (28/7) buku K-13 untuk kelas IX sudah dibagikan ke semua siswa kelas IX,”sambungnya.

Tajuddin menyebut buku datang sebelum dimulai proses belajar mengajar. “Bukan ditengah jalan saat mulai proses belajar mengajar,”akunya.

Sementara untuk guru katanya, semuanya sudah melakukan pelatihan. Pembayaran K-13 melalui dana alokasi khusus (DAK) dianggarkan berada di dinas pendidikan. Menurutnya, proses pembelian melalui sistem DAK lebih bisa terkontrol dan efektif.

“Pola proyek pengadaan melalui DAK ini sudah terbiasa dan lebih mudah serta sudah pasti dibayarkan. Kalau melalui sekolah, penyedia harus menagih ke masing-masing sekolah,”ujarnya.

Diakuinya, meski K-13 di sekolah berjalan kurang lebih dua tahun, guru di sekolah masih kesulitan dalam melakukan penilaian sistem K-13. Sebab, penilaian bukan hanya dilakukan diakhir proses belajar mengajar. Penilaian mulai proses belajar guru. Meski demikian, lambat laun guru akan terbiasa menilai menggunakan K-13.

“ Fasilitas lengkap kami yakin guru akan bisa menyesuaikan,”tutupnya. (jay/r13)

Komentar

Komentar