Ketik disini

Headline Sumbawa

Bawaslu Intruksi PPL Mengawasi

Bagikan

SUMBAWA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTB mengaku menemukan sejumlah kasus dalam proses pemukhtahiran data pemilih. Di antaranya, pemukhtahiran data yang tidak dilakukan oleh petugas yang abal-abal atau petugas yang tidak memiliki SK. Oleh karena itu, Bawaslu mengintruksikan kepada seluruh PPL untuk mendampingi petugas pemutakhiran data dalam melaksanakan tugasnya.

”Ada beberapa kasus yang kami temukan, petugas yang melakukan pemukhtahiran data itu tidak memiliki SK. Kami temukan anaknya yang melakukan pemutakhiran, anaknya kan tidak mendapatkan SK. Hal ini secara umum terjadi di NTB,” kata Bambang Karyono, salah seorang komisioner Bawaslu NTB.

Temuan lainnya, ada petugas pemutakhiran data yang mendatangi rumah warga hanya dengan menempel stiker. Mereka tidak menanyakan berapa anggota keluarga di rumah tersebut yang sudah dapat memilih. Kata dia, mereka hanya menerka-nerka saja jumlahnya. ‘
‘Inikan akan mengakibatkan akurasi data pemilih tidak obyektif,” ujarnya.

Diungkapkan, kedatangannya ke Sumbawa beberapa waktu lalu, juga ingin mengetahui bahwa Panwas Kabupaten sudah bekerja dengan baik atau tidak? Sebab, Bawaslu memiliki kewajiban untuk memberikan asistensi kepada Panwas Kabupaten agar dapat menjalankan tugas sebagaimana mestinya.

Dia tidak menginginkan, cuaca demokrasi di Sumbawa ini tidak bagus. Pendaftaran Pasangan Calon (Paslon) di Sumbawa harus berjalan sesuai dengan prosedur atau mekanisme yang sudah ditetapkan. Namun yang paling penting, dia berharap kepada masyarakat agar tidak terkecoh dengan efouria pendaftaran Paslon.

Lebih baik, lanjut Bambang, masyarakat lebih fokus pada kinerja lembaga penyelenggara yang saat ini sedang mempersiapkan sejumlah hal yang menjadi kebutuhan untuk mensukseskan Pilkada ini. (ony/r9)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *