Ketik disini

Sumbawa

Kasus Perusakan Jalur Sekunder Irigasi

Bagikan

SUMBAWA – Polsek Moyo Hilir mulai melakukan pemanggilan terhadap sejumlah saksi, terkait dengan kasus pembobolan jalur sekunder irigasi di Desa Ngeru Kecamatan Moyo Hilir. Kemarin pihak Polsek memeriksa saksi yakni ketua Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) NG6 yang terletak di Desa Ngeru.

Ditemui koran ini, Kapolsek Moyo Hilir Iptu Muaji menjelaskan, bahwa kasus tersebut baru dalam tahap penyelidikan. Pemanggilan ketua salah satu P3A tersebut karena lokasi penjebolan berada di wilayah yang dinaungginya.

Sedangkan untuk tersangka, Pihak Polsek tidak mau gagabah dalam mengambil keputusan dan menetapkan tersangka kasus tersebut.
“Hari ini kami mulai memanggil saksi, kami tengah berusaha agar kasus ini selesai secepatnya,” ujarnya kemarin (30/7).

Menurut saksi Amiruddin, dia hanya mendapat laporan dari angotanya kalau ada pengrusakan di jalur sekunder tersebut. kemudian dirinya melakukan pengecekan secara langsung ke lokasi.

Jalur irigasi sekunder yang dijobol sepanjang 1,2 M dengan kedalaman kurang lebih 80 cm oleh warga tersebut. Pantauan Radar Sumbawa masih dalam kondisi rusak dan baru diperbaiki seadanya oleh masyarakat beserta aparat keamanan.

Di lain pihak, sebagai pelapor, Danramil Moyo Hilir Kap. Inf Okinawa menjelaskan, masuknya kasus tersebut ke ranah hukum karena tidak adanya sikap kooperatif dari beberapa terduga pengrusakan.

“Kami hanya menjalankan tugas sebagai pengawas dalam menyukseskan swasembada pangan. Karena beberapa kali dipanggil agar kasus ini kita selesaikan secara kekeluargaan, terduga tidak datang. Hingga kami mengambil keputusan melaporkan hal tersebut,” jelasnnya.

Pihaknya berharap hal ini menjadi pelajaran agar masyarakat tidak lagi melakukan pengurasakan terhadap fasilitas umum milik pemerintah, apalagi dapat menyebabkan kerugian bagi orang lain.

“Kalau debit air yang dialiri tidak sesuai dengan jumlah yang ditetapkan, petani yang berada di hilir jalur tersebut dipastikan tidak dapat mengairi tanamannya,” jelasnya. (han/r9)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *