Ketik disini

Ekonomi Bisnis Headline

Ekonomi Bagus, NTP Meningkat

Bagikan

MATARAM – Kepala Biro Ekonomi Pemprov NTB H Manggaukang Raba mengaku gembira. Karena, ketika pertumbuhan ekonomi di dunia dan nasional mengalami perlambatan, kondisi berbeda terjadi di NTB.

“Ini menggembirakan disaat yang lain lambat. Kondisi NTB berada di titik cukup bagus,” katanya semringah pada Lombok Post, kemarin(10/8).

Diluar sektor pertambangan, kata dia, tingginya pertumbuhan ekonomi pada triwulan II/2015, disumbangkan oleh pariwisata dan produksi tanaman pangan. Ini secara tidak langsung ditunjang oleh faktor-faktor produksi yang cukup tersedia.

“Seperti kesiapan akomodasi dan fasilitas dalam melayani wisatawan. Untuk pertanian, ketersedian benih dan pupuk, serta manajemen pengelola yang bagus,” ungkapnya.

Melihat peningkatan pertumbuhan ekonomi NTB, tentunya akan berimbas pada Nilai Tukar Petani (NTP) yang juga mengalami peningkatan. Karena salah satu acuan yang dilihat dari pertumbuhan ekonomi di daerah adalah NTP.

“Kalau produksi bagus, harga bagus maka NTP bagus. Artinya kesejahteraan petani saat ini bagus,” katanya.

Ia melanjutkan, berdasarkan hasil pemantauan harga-harga  perdesaan pada 8 kabupaten di NTB, terjadi NTP yang berfluktuasi setiap bulannya. Pada bulan Juli 2015, NTP NTB berada diatas 100 yang tercatat 103,86.

Artinya, petani mengalami peningkatan daya beli, akibat kenaikan harga produksi relatif lebih tinggi dibandingkan kenaikan harga input produksi dan kebutuhan konsumsi rumah tangga. “Peningkatan terjadi sebesar 0,55 persen bila dibandingkan bulan lalu sebesar 103,29,” tandasnya. (ewi/r12)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *