Ketik disini

Headline Selong

Kemarau Lotim Mulai Bikin Puso

Bagikan

SELONG – Hal yang ditakutkan para petani akibat musim kemarau ini terjadi juga. Puso alias gagal panen dilaporkan mulai terjadi di Montong Baan Selatan, Kecamatan Sikur, Lombok Timur (Lotim).

‘’Disana total tujuh hektar padi petani yang rusak,” kata Kadis Pertanian dan Peternakan Lotim, Zaini, kemain(10/8).

Dia mengatakan sudah berusaha maksimal untuk mencegah hal itu. Dijelaskan awalnya ada 10 hektar lahan yang terancam gagal panen. Namun hanya tiga hektar saja yang bisa diselamatkan dan selebihnya dipastikan puso. Hal itu lanjut Zaini akibat jumlah air yang semakin menipis dari. Untuk kasus Montong Baan Selatan terdapat 60 hektar lahan yang berebut stok air yang tersisa.

Pekasih atau pembagi air sebenarnya sudah menerapkan sistem jatah. Setiap petak seluas enam hektar digilir masing-masing mendapat air selama dua hari dua malam non stop. Namun tetap tak maksimal, sehingga ada tujuh hektar yang menjadi korban. Terlebih sebelumnya area itu merupakan kawasan tembakau yang baru mulai ditanami padi sejak musim tanam ini.

‘’Intinya air sedang sangat terbatas,” jawabnya.

L Ahmad Zulkifli, Camat Jerowaru mengatakan kondisi di wilayahnya kini sudah sangat parah. Kendati belum memasuki puncak kemarau, sejumlah embung rakyat mulai mengering. Akibatnya tak sedikit lahan yang dibiarkan begitu saja. Beberapa petani memilih menanam palawija atau tembakau yang lebih sedikit memerlukan air.

‘’Ini keadaan mulai gawat, kita harus siap-siap,” katanya.

Kepada warganya, ia menyatakan sudah menyarankan menanam tanaman selain padi. Namun celakanya ada juga sebagian petani yang sudah kadung menanam padi. Hal inilah yang ditakutkannya akan menjadi potensi lahan puso baru.

‘’Saya lihat yang tanam padi mulai kelimpungan,” jawabnya. (yuk)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *