Ketik disini

Metropolis

Data Orang Miskin Harus Valid

Bagikan

MATARAM – Untuk menyelaraskan data masyarakat Kota Mataram yang kurang mampu, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) menyiapkan sistem data terpadu berbasis IT (informasi teknologi). Sistem data terpadu ini dilakukan untuk menyajikan data yang valid sehingga bisa digunakan kapan saja saat dibutuhkan.

“Keberadaan sistem data terpadu ini untuk mempermudah akses informasi mengenai data masyarakat yang kurang mampu,” jelas Ahsanul Khalik, Kepala Disosnakertrans Kota Mataram.

Dikatakannya, saat ini data mengenai masyarakat kurang mampu berasal dari tiga lembaga. Yakni Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Keluarga Berencana Keluarga Sejahtera (BKBKS) dan dari Dinas Sosial sendiri.

“Untuk data dari BPS kan secara umum, mereka mendata masyarakat dari kalangan bawah hingga kalangan atas. Sedangkan dari BKBKS data yang disajikan dari keluarga berencana, dan dari kami memang menyajikan khusus data masyarakat kurang mampu berdasarkan data Penerimaan Bayaran Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),” terangnya.

Hal inilah yang kemudian diselaraskan menjadi satu sistem data terpadu berbasis teknologi informasi.

“Sehingga nanti tinggal klik, namanya sudah langsung muncul di komputer yang tersambung dengan server pusat,” jelasnya.

Cara ini diharapkan membuat sumber data mengenai masyarakat kurang mampu menjadi lebih valid. Sehingga, dalam melaksanakan program tidak terjadi salah sasaran.

“Misalnya saja Dinas Pendidikan ingin memberikan bantuan atau Dinas PU serta yang lainnya. Sumber datanya satu dan jelas. Namun tetap mereka sendiri yang nantinya akan mengeksekusi program tersebut, bukan dari Disosnakertrans,” jelasnya.

Data tersebut juga setiap bulan akan diupdate sehingga selalu berubah.

“Kan bisa saja ada masyarakat yang ekonominya meningkat. Sehingga keluar dari garis kemiskinan. Namun ada juga yang baru, bisa masuk dengan diusulkan oleh Kepala Lingkungan atau Lurah,” jelasnya. (ton/r8)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *