Ketik disini

Metropolis

Lemhanas Kaji Perkembangan Mataram

Bagikan

MATARAM – Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) melakukan studi ke Mataram, kemarin. Bertempat di Pendopo Wali Kota Mataram, mereka diterima Penjabat Wali Kota Hj Putu Selly Andayani.

Kedatangan Lemhanas memilih Kota Mataram sebagai salah satu kajian studi strategis, untuk mengetahui sejauh mana perkembangan Kota Mataram dan ketahanannya.

“Ada dua tujuan kami kemari, yakni untuk mengetahui perkembangannya dan bagaimana ketahanan di Mataram. Ujungnya hasil kajian studi di sini akan diseminarkan dan dilaporkan kepada Presiden di Istana Negara,” jelas HM Said Saile, pimpinan rombongan.

Said mengatakan, nantinya studi tentang Kota Mataram akan menjadi bahan masing-masing anggota Lemhanas untuk membuat karya ilmiah. Kemudian hal tersebut akan dibahas di seminar nasional kebangsaan. Ini dalam rangka mengetahui atau merumuskan permasalahan strategis yang ada dalam negeri.

Meski demikian, dalam dialog bersama penjabat Wali Kota dan jajaran SKPD Kota Mataram, mereka juga menanyakan beberapa permasalahan yang dihadapi daerah ini. Mulai dari dunia pendidikan, pariwisata, ekonomi dan lainnya.

Dalam rombongan Lemhanas ini terdiri dari semua komponen bangsa, mulai dari pegawai Bank, anggota TNI-Polri, Akademisi dan lainnya. Mereka juga berasal dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Bahkan, beberapa perwakilan negara sahabat juga ikut dalam kajian studi di Mataram, kemarin (13/8).

Para anggota Lemhanas ini berada di Lombok sejak tanggal 10 Agustus lalu dan hari ini adalah hari terakhir mereka studi di Mataram. Sebelumnya, mereka mengutarakan telah mengunjungi beberapa tempat di Lombok seperti di Lombok Utara dan lainnya.

“Kami juga kemarin ke kantor gubernur, ke Danrem, Polda dan ke IKIP Mataram. Kami berdiskusi dan berdialog seputar kebangsaan,” lanjutnya mewakili yang lain.

Penjabat Wali Kota Mataram Hj Putu Selly mengutarakan dalam sambutannya merasa terhormat dan berterima kasih atas kedatangan pihak Lemhanas ke Kota Mataram. Karena, ini dirasakan sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah maupun dari berbagai kalangan terhadap perkembangan dan kemajuan di Kota Mataram.

“Tentu kita senang kalau mereka datang. Karena secara tidak langsung ini sebagai bentuk pengakuan kemajuan dan perkembangan di Kota Mataram. Ya sering-sering datang saja lah. Kalau banyak tamu yang datang, kan banyak yang menghabiskan uang mereka di Kota Mataram,” kelakarnya.

Untuk itu, ia menegaskan selama satu tahun masa jabatannya yang ada di dalam SK, ia akan membenahi dan melengkapi fasilitas di Mataram. Agar para tamu yang datang merasa nyaman dan ingin kembali ke Mataram. Mulai dari segi kebersihan dan fasilitas lainnya.

“Bila perlu mereka yang ke Lombok nggak ke Gili tapi diam di Mataram saja,” katanya.

Hari ini pihak Lemhanas rencananya akan melakukan studi pemebelajaran tentang PT Newmont Nusa Tenggara yang menjadi salah satu aset NTB.

“Kami ingin mempelajari bagaimana Newmont ini sebagai aset di NTB bisa memberikan kontribusi untuk kemajuan daerah,” tandasnya. (ton/r8)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *