Ketik disini

Metropolis

KPU Tunggu Putusan Sengketa Mataram

Bagikan

JAKARTA – Kota Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB) masih punya asa untuk ikut pilkada serentak tahun 2015. Pasalnya, sampai saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih menunggu hasil gugatan sengketa pilkada salah satu bakal calon kepala daerah. Jika gugatan itu dimenangkan, maka Mataram akan mempunyai dua bakal calon kepala daerah. Sehingga sudah memenuhi syarat untuk menyelenggarakan pesta demokrasi.

Gugatan itu dilayangkan oleh pasangan Salman -Djana Hamdyana yang didukung Partai Golkar. Mereka menganggap KPU sudah melakukan pelanggaran pilkada pada masa pendaftaran bakal calon kepala daerah. Awalnya, Golkar mendukung pasangan Ahyar Abduh – Mohan Roliskana. Namun tiba-tiba mencabut dukungan dan mengajukan Salman-Djana. KPU Kota Mataram akhirnya tidak menerima pendaftaran pasangan Sahaja (Salman-Djana) itu.

Ketua KPU, Husni Khamil Manik ketika dikonformasi kemarin mengatakan pihaknya masih menunggu sengketa yang kini ditangani panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kota Mataram itu. “Kami masih menunggu hasilnya,” ucapnya.

Sebelumnya, komisioner Bawaslu Nasrullah mengatakan bahwa dia sudah mendapatkan laporan dari Panwaslu Kota Mataram, bahwa KPU Kota Mataram salah menafsirkan dukungan golkar pada pasangan Ahyar dan Mohan. Nasrullah menjelaskan sebenarnya dukungan Golkar ke pasangan incumbent itu belum final. Sebab Golkar yang mendukung hanya dari satu kubu. Sedangkan saat ini Golkar terpecah menjadi dua.

Nah, selang penutupan pendaftaran bakal calon kepala daerah, rekomendasi dari dua kubu Golkar keluar. Partai berlambang pohon beringin itu sepakat mengusung calon sendiri yakni Salman dan Djana. Namun ketika mendaftar ditolak KPU.

Komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay pihaknya enggan menanggapi berbagai spekulasi yang berkembang tersebut. Dia mengaku, KPU menunggu keputusan panwaslu.

“Kami masih menunggu keputusan dari panwaslu,” ucapnya.

Dia mengatakan, jika memang hasil gugatan itu memenangkan penggugat, maka KPU harus memasukkan pasangan Salman dan Djana sebagai calon kepala daerah Kota Mataram. Berkas mereka akan langsung diverifikasi dan ditetapkan pencalonannya pada tanggal 24 Agustus.

“Harus kami masukkan lagi,” jelasnya. (aph/r7)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *