Ketik disini

Politika

Kasdiono dan Baijuri Tetap Jadi Legislator

Bagikan

MATARAM – HMNS Kasdiono dan Baijuri Bulkiah, dua politikus Partai Demokrat yang gagal maju sebagai calon kepala daerah dalam pilkada serentak tahun ini masih terakomodasi sebagai anggota DPRD NTB. Kasdiono sebelumnya sempat akan bertarung di Pilkada Mataram sebagai bakal calonWakil Wali Kota Mataram dan Baijuri sempat maju sebagai bakal calon Wakil Bupati Sumbawa.

Kedua politikus Partai Demokrat itu bahkan memasang gambar mereka di sejumlah lokasi, layaknya petarung yang siap memenangkan pilkada. Gambar Kasdiono dan pasangannya Rosiadi Sayuti bahkan sempat menghiasi sejumlah baliho-baliho besar di Kota Mataram. Begitu juga dengan gambar Baijuri Bulkiah yang sempat terpampang di sejumlah tempat.

Hanya saja, belakangan keduanya tidak jadi bertarung di pilkada serentak 2015. Baijuri Bulkiah tidak memperoleh kendaraan politik, sedangkan Kasdiono lebih parah, partai pengusungnya tidak jadi mendaftarkannya ke KPU Mataram.

Plt Sekretaris DPRD NTB Mahdi menegaskan kedua politikus Partai Demokrat itu tetap menjadi anggota DPRD NTB. Pasalnya, keduanya tidak menyampaikan surat pengunduran diri dari keanggotaanya di DPRD NTB.

“Kalau mereka tetap jadi legislator. Kecuali saat itu mereka mengajukan surat pengunduran diri dan diproses,” kata Mahdi kepada wartawan di Mataram kemarin(27/8).

Baik Kasdiono maupun Baijuri tetap berhak memperoleh fasilitas DPRD NTB. Terlebih Kasdiono kini menjabat sebagai Ketua Fraksi Demokrat dan Wakil Ketua Komisi V DPRD NTB.

Bagaimana dengan lima legislator DPRD NTB lainnya yang telah menjadi calon kepala daerah? Hingga kemarin kelimanya belum mengajukan surat pengunduran dirinya meskipun sudah ditetapkan sebagai calon bupati/calon wakil bupati.

Namun jika hingga tenggat waktu 60 hari sejak penetapan pasangan calon, mereka tidak memperoleh surat keputusan pemberhentian dari keanggotaan DPRD, tentu mereka dianggap tidak memenuhi syarat sebagai calon bupati/calon wakil bupati.

“Hak-hak mereka sebagai anggota dewan masih tetap diberikan, hingga nanti mereka benar-benar memperoleh surat keputusan pemberhentian,” papar Mahdi.

Seperti diketahui, ada lima anggota DPRD NTB yang dipastikan maju sebagai calon kepala daerah. Mereka adalah H Irwan Rahadi, Syarifuddin, dan H Lalu Fatur Bahri dari Partai Gerindra, H Husni Djibril dari PDI Perjuangan, serta TGH Lalu Gde Wirasakti Amir Murni dari PKB. (tan/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *