Ketik disini

Ekonomi Bisnis

Rupiah Melemah Tak Pengaruhi Pedagang Mutiara

Bagikan

MATARAM – Pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) tidak berpengaruh terhadap penjualan mutiara laut. Walau rupiah berada dalam posisi Rp 14.100 per dolar AS, sejumlah pedagang mengaku omzet penjualannya masih normal.

“Hasil penjualan biasa saja, tidak berpengaruh bagi kami,” kata Wiwik pemilik toko emas dan mutiara di Mutiara City Center (MCC), Sekarbela.

Penyebab tidak terpengaruhnya omzet mereka, karena kurangnya wisatawan asing yang datang mengunjungi MCC. Kalau pun ada bisa dihitung dengan jari. Sehingga pembeli kebanyakan adalah wisatawan lokal.

“Walau saat ini sedang ramai-ramainya wisatawan datang ke Lombok, tapi wisatawan mancanegara yang datang ke sini tidak ada. Mereka sudah dibawa pemandu ke tempat lain,” ungkapnya.

Suaradi pemilik Berkah Toko Emas dan Mutiara mengungkapkan, omzet penjualannya tidak banyak dipengaruhi fluktuasi dolar. Justru omzetnya lebih banyak dipengaruhi harga emas dunia.

“Kalau harga emas dunia naik, baru kita raup untung banyak,” ujarnya.

Walau tidak berdampak, Suradi berharap ekonomi segera membaik. Pasalnya, banyak komoditas lain yang mengalami kenaikan harga akibat melorotnya rupiah terhadap dolar.

“Kita kena dampak karena semua serba mahal. Apalagi kebutuhan barang elektronik mulai naik,” pungkasnya. (ewi/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *