Ketik disini

Sumbawa

Narkoba Masih Mengancam

Bagikan

SUMBAWA – Menanggapi semakin maraknya penyalahgunaan narkoba, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi NTB terus menggencarkan sosialisasi. Sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta masyarakat umum mendapatkan penyuluhan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dari BNN Provinsi NTB kemarin.

Dalam sambutannya Bupati Sumbawa melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Ir Mustafa, mengajak masyarak untuk bersama sama dalam memerangi peredaran serta penyalahgunaan narkoba di wilayah Kabupaten Sumbawa. ”Peredaran narkoba tidak bisa di cegah oleh satu atau beberapa pihak saja. oleh karena itu, keterlibatan masyarakat dalam memerangi narkoba dapat memudahkan aparat maupun pihak berwenang dalam meminimasilir peredaran maupun penyalahgunaan narkoba,” ujarnya.

Sementara itu, kabid pencegahan dan pemberdayaan masyarakat BNN Provinsi Nusa Tenggara Barat Anggraini Ninik Murnihati, dalam materinya menyampaikan berbagai macam bahaya penyalahgunaan narkoba.

Dia mengatakan, dampak dari penyalahgunaan narkoba meliputi dampak psikologi dan sosial. Seperti emosi yang tidak terkendali, kecenderungan berbohong, tidak memiliki tanggungjawab, hubungan dengan keluarga, guru dan teman serta lingkungannya terganggu, cenderung menghindari kontak komunikasi dengan orang lain, merasa dikucilkan atau menarik diri,Tidak peduli dengan nilai dan norma yang ada, serta cenderung melakukan tindak pidana.

Disamping itu, ciri-ciri dari penyalahgunaan narkoba dapat dilihat dari perubahan fisik, perubahan jiwa dan psikologi, serta perubahan perilaku sosial. Karenanya, peran keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat merupakan wadah utama dalam proses sosialisasi anak menuju kepribadian dewasa. Keluarga sebagai benteng utama yang dapat mencegah anak-anak dari penyalahgunaan Narkoba.

”Apabila keluarga sejahtera dan penuh kasih sayang sudah melakukan pencegahan, anak-anak yang tumbuh dengan penuh kasih sayang dan rasa aman akan menimbulkan keberanian untuk mengemukakan pendapat, mengambil keputusan yang bijaksana, sehingga tidak mudah terpengaruh untuk menyalahgunakan Narkoba,” pungkasnya. (van/r8)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *