Ketik disini

Politika

Baijuri Dicopot dari Wakil Baperda

Bagikan

MATARAM – Baijuri Bulkiah resmi dicopot dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Derah (Baperda) DPRD NTB. Surat pencopotannya itu dibacakan oleh Plh Sekretaris DPRD NTB Mahdi dalam Sidang Paripurna DPRD NTB yang berlangsung kemarin (8/9).

Meski dicopot dari jabatannya, posisi Baijuri tetap sebagai anggota biasa. Artinya, dia tetap menjadi anggota DPRD NTB dan anggota Baperda NTB. Pencopotan Baijuri Bulkiah itu diduga ada kaitannya dengan pencalonannya sebagai Wakil Bupati Sumbawa.

Saat itu, Baijuri bersedia dicalonkan oleh Partai Gerindra dan PAN. Hanya saja, dia urung maju di Pilkada Sumbawa karena kedua partai politik yang semula menggadang-gadangnya justru mencalonkan pasangan calon lainnya. Ketua Fraksi Demokrat H MNS Kasdiono yang dikonfirmasi terkait pencopotan Baijuri enggan berkomentar. Menurut dia, itu sebagai bagian dari dinamika internal politik.

a�?Nggak perlu dibahas, bagian dari dinamika internal partai politik saja,a�? ujar Kasdiono kepada wartawan di Mataram.

Pencopotan Baijuri menambah jumlah kursi pimpinan dalam alat kelengkapan DPRD NTB yang lowong. Sebelumnya, terdapat dua posisi pimpinan dalam alat kelengkapan DPRD NTB yang dipastikan lowong karena ditinggalkan penjabatnya.

Dua posisi lowong itu adalah Ketua Komisi II DPRD NTB bidang perekonomian dan Sekretaris Komisi V DPRD NTB bidang kesejahteraan dan pemberdayaan perempuan. Ketua Komisi II DPRD NTB Syarifuddin maju sebagai calon Wakil Bupati Lombok Utara.

Sedangkan Sekretaris Komisi V DPRD NTB H Lalu Fathul Bahri maju di Pilkada Lombok Tengah sebagai calon Wakil Bupati mendampingi H Lalu Suhaili FT. Jika mengacu pada ketentuan tata tertib DPRD NTB, maka kekosongan kursi pimpinan DPRD NTB itu akan menuai dinamika baru. Masing-masing pimpinan dalam alat kelengkapan DPRD NTB harus dipilih kembali oleh anggota di masing-masing alat kelengkapan DPRD NTB.

Komisi II Bidang Perekonomian diisi oleh 14 orang yang merupakan sejumlah tokoh politikus gaek dari masing-masing partai politik. Begitu juga di Komisi V bidang kesejahteraan dan pemberdayaan perempuan. Adapun untuk Baperda DPRD NTB terdiri atas 17 orang termasuk Ketua Baperda NTB yang dijabat oleh Hj Baiq Isvi Rupaedah dari Fraksi Golkar. (tan/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *