Ketik disini

Sumbawa

Dewan, Warga dan PT SJR Siap Rembuk

Bagikan

SUMBAWA – Komisi II DRPD langsung memberikan respon terhadap adanya protes masyarakat terkait sikap PT Sumbawa Juta Raya (SJR). Ketua Komisi II DPRD Sumbawa, A. Rafiq memastikan akan memanggil pihak perusahaan untuk “disidang”. Pasalnya, pihak dewan tidak ingin persoalan yang ada berlarut yang nantinya justru akan menimbulkan persoalan baru.

Rafiq menilai, persoalan yang timbul di masyarakat sekarang ini dianggap sebagai sebuah kelemahan pihak perusahaan di dalam membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat. Terutama masyarakat lokal yang ada di sekitar wilayah konsesi tambang.

Dia berharap ke depan pihak perusahaan bisa bekerja lebih baik. Terutama di dalam menjalin kerjasama dan kemitraan dengan masyarakat. Sehingga pelaksanaan proyek tetap berjalana lancar dan normal tanpa gangguan dari pihak manapun.

Niat komisi II untuk memanggil pihak SJR dan semua pihak terkait lainnya juga diperkuat dengan adanya surat laporan pengaduan dari kelompok masyarakat yang masuk ke Komisi II DPRD Sumbawa awal September lalu. Dalam surat yang disampaikan sejumlah pemuda keterwakilan dari daerah sekitar tambang yang beroperasi di Kecamatan Ropang itu, yakni masyarakat Lantung-Lito dan Lenangguar juga meminta pihak dewan memfasilitas pertemuan dengan pihak perusahaan.

Ada beberapa hal yang dipersoalkan. Antara lain terkait keterbukaan dan kejelasan status Ijin Usaha Pertambangan (IUP) yang dikantongi PT SJR. Terkait keterbukaan dalam perekrutan tenaga kerja hingga komitmen perusahaan dalam memberikan program pemberdayaan kepada masyarakat lingkar tambang yang telah diatur dalam undang-undang.

“Kalau saya lihat ini hanya persoalan miskomunikasi. Tapi kami akan memanggil pihak perusahaan dan semua pihak terkait lainnya. Kami juga ingin mendapat penjelasan rinci dari pihak perusahaan. Terutama terkait protes warga dan harapan masyarakat di dalam surat masuk yang sudah kami terima,” ujar Rafiq. (aen/r8)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *