Ketik disini

Sumbawa

Belajar ke Yogyakarta

Bagikan

YOGYAKARTA – Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu SKPD Pemkab Sumbawa menyambangi Pemerintah Daerah DIY. Kunjungan mereka ini guna meningkatkan kapasitas pengelolaan informasi kepada publik.

Rombongan PPID ini diterima Asisten Administrasi Umum Sekda DIY Kristina Swasti dan Kepala Diskominfo DIY Sigit Haryanta. Kegiatan ini berlangsung di Gedhong Cepoko Komplek, Kepatihan Yogyakarta, Kamis (28/04).

Rombongan PPID Pemkab Sumbawa dipimpin Asisten Pemerintahan H Muhammad Ikhsan. Ia menyampaikan tujuan kunjungan ke Pemda DIY. Menurut dia, kunjungan ini untuk belajar meningkatkan pengetahuan pengelolaan informasi dan dokumentasi pada Pemerintahan Daerah  DIY. Pemerintah Kabupaten Sumbawa merasa peran PPID Pembantu SKPD penerapannya belum maksimal.

”Kami mau belejar kepada Pemda DIY,” katanya.

Dipilihnya Daerah Istimewa Yogyakarta karena dianggap daerah yang sudah maju dalam pengelolaan informasi dan dokumentasi publik. Disamping itu Bupati Sumbawa HM Husni Djibril pernah menyampaikan keinginan untuk membangun kerjasama yang sinergis antara Pemkab Sumbawa dengan Pemda DIY. Ikhsan juga menyampaikan sekilas profil Kabupaten Sumbawa kepada Pemerintah Daerah DIY.

Sementara, Asisten Administrasi Umum Sekda DIY Kristina Swasti menjelaskan, kapasitas PPID kedepannya akan sangat berat. Karena mereka bertanggungjawab dalam bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan pelayanan informasi kepada atasan.

”Tahun lalu PPID DIY berada dibawah naungan Dinas Perhubungan dan Komunikasi DIY. Tapi sekarang masuk Dinas Komunikasi dan Informatika DIY,” jelasnya.

Dengan cara mempermudah jaminan akses informasi publik, ia berharap jangan sampai menganggu prinsip kehati-hatian. Dengan informasi yang akurat dan tidak menyesatkan disampaikan secara cepat dan tepat waktu dan biaya yang sederhana.

”Maka PPID perlu melakukan pengelolaan secara baik, konsisten, dan bertanggungjawab,” tandasnya. (run/r1)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *