Ketik disini

NASIONAL

Daftar CJH Khusus Sudah Keluar

Bagikan

JAKARTA – Setelah biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2016 ditetapkan Sabtu lalu (30/4), Kementerian Agama (Kemenag) langaung tancap gas. Kemarin (2/5), mereka mengumumkan daftar calon jamaah haji (CJH) khusus berhak lunas 2016 tahap pertama. Dalam waktu dekat giliran daftar CJH reguler diumumkan.

Berdasarkan data Kemenag ada 12.831 orang CJH khusus yang berhak melunasi BPIH tahun ini. Kemenag juga menetapkan 642 jamaah masuk daftar cadangan. Mereka dibuat pemenuhan cadangan ketika ada CJH di daftar utama yang menunda, mengundurkan diri, atau lain sebagainya. Selain itu Kemenag juga bakal menetapkan daftar 769 petugas haji khusus. Sehingga kuota jamaah haji khusus sebanyak 13.600 orang bisa tertutup.

Sebagaimana diketahui kuota haji khusus Indonesia adalah 17 ribu jamaah. Namun karena ada pemangkasan kuota haji sebanyak 20 persen, kursi jamaah haji khusus tinggal tersedia 13.600 orang. Sementara haji reguler dari kuota tetap sebanyak 194 ribu, dipres jadi tinggal 155.200 jamaah.

Anggota Dewan Kehormatan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Muhammad Rocky Masyhur menyambut baik pengumuman nama CJH khusus itu. “Dengan demikian jamaah dan travel haji khusus bisa segera bersiap-siap sejak sekarang,” katanya di Jakarta kemarin (2/5).

Dia menjelaskan ongkos minimal haji khusus, dulu disebut ONH Plus, dipatok USD 8.000. Setelah ini CJH bisa melunasi sesuai dengan harga yang dipatok perusahaan travel.

Bos Travel Hikmah Perdana itu menuturkan, travel penyelenggara haji khusus harus terbuka kepada jamaahnya. Dia tidak ingin ada travel yang menutup-nutupi layanan haji khusus, sampai akhirnya nanti ada jamaah yang sudah keluar uang banyak tapi merasa kecewa. Menurutnya harga paket haji khusus kurang dari USD 16.000 termasuk dalam paket standar.

Rocky mengatakan CJH khusus harus benar-benar memperhatikan kontrak pelayanan dengan detail. Mulai dari maskapai penerbangan, hotel, dan transportasi selama di Saudi. “Kalau cuma mencantumin menginap di Markaziyah, itu diperjelas lagi. Karena Markaziyah itu bukan nama hotel, melainkan nama kawasan di sekitar Makkah,” tuturnya.

Menurut Rocky pelunasan ongkos haji khusus kemungkinan berlangsung selama bulan Ramadan. Pihak travel juga bisa langsung bersiap memesan tiket pesawat, sewa hotel, katering, order layanan transportasi di Saudi, dan sebagainya. Dana yang disetor ke rekening Kemenag, dalam waktu dekat akan dicairkan kembali ke travel untuk persiapan akomodasi haji tadi. Dia berharap proses persiapan haji oleh travel maupun panitia Kemenag bisa berjalan lancar. Sebab masih banyak waktu sampai puncak ibadah haji nanti.

Kasubdit Pendaftaran Haji Kemenag Noer Alya Fitra mengatakan, untuk sementara Kemenag baru bisa melansir daftar resmi berhak lunas untuk CJH khusus. “Kami inginnya yang reguler diumumkan hari ini (kemarin, Red) juga,” jelasnya.  Namun sampai tadi malam, Kemenag belum mengeluarkan daftar resmi berhak lunas untuk CJH reguler.

Pejabat yang akrab disapa Nafit itu berharap masyarakat bisa bersabar, karena data CJH reguler begitu banyak. Dia membeberkan daftar pelunasan tahap pertama  itu telah melalui beberapa kriteria penyaringan. Seperti CJH kuota berangkat tahun ini tapi belum pernah berhaji. Di daftar Kemenag, ada juga CJH kuota berangkat 2016, namun sudah pernah berhaji, sehingga namanya dipinggirkan sementara.

Kriteria berikutnya adalah CJH yang sudah berusia 18 tahun dan telah menikah. Lalu CJH khusus yang sudah melunasi BPIH untuk tahun keberangkatan 2014 dan 2015 namun tertunda keberangkatannya. Di antaranya karena terkena dampak pemangkasan kuota haji oleh pemerintah Saudi.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag Ahda Barori meminta seluruh CJH yang masuk estimasi berangkat tahun ini supaya mengecek daftar resmi Kemenag. Dia tidak ingin ada masyarakat yang tertipu oleh penjahat dengan modus haji khusus. Misalnya disuruh mentransfer uang pelunasan ke travel, dengan bujuk rayu bahwa namanya masuk kuota berangkat haji khusus tahun ini. (wan/jpg/r1)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *