Ketik disini

Sumbawa

Udang Tambak Sari Tembus Pasar Internasional

Bagikan

TALIWANG – Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) salah satu daerah penghasil udang di Indonesia. Udang yang diproduksi PT Bumi Harapan Jaya (BHJ) di Desa Tambak Sari, Kecamatan Poto Tano ini mampu menembus pasar internasional.

”Udang yang kita produksi dikirim langsung ke luar negeri. Selain kualitasnya bagus, udang jenis vaname ini memenuhi syarat untuk di ekspor,’’ kata Direktur PT BHJ Daven Daniel saat menerima kunjungan Bupati  HW Musyafirin dan Wabup Fud Syaifuddin, kemarin (3/4).

Selama ini, kata dia, pasar nasional hanya mampu menampung udang-udang dengan ukuran kecil. Sementara, undang untuk ukuran besar belum ada pembeli yang sanggup.

”Udang ini kita kirim ke Jepang dan Amerika Serikat,’’ jelasnya.

Daven membeberkan proses pengolahan udang. Ia menjelaskan, setelah dipanen, udang-udang tersebut disortir. Lalu udang berukuran jumbo dipisahkan dengan udang berukuran sedang.

”Untuk limbah pengolahan udang ini, kami tampung di atas lahan seluas 11 hektar. Kita olah dulu, sebelum dibuang kembali ke laut,’’ jelasnya.

Sementara, Bupati KSB HW Musyafirin meminta perusahaan BHJ dapat mempekerjakan masyarakat lokal. Bupati juga berharap perusahaan asal Surabaya ini memberikan kontribusi kepada masyarakat, khususnya mereka yang tinggal sekitar tambak udang.

”Kami memberikan kemudahan bagi investor. Untuk itu, kami minta agar berkontribusi juga kepada masyarakat,’’ harapnya. (far/r1)   

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *