Ketik disini

Ekonomi Bisnis

Konsumsi Pertamax dan Pertalite Meningkat

Bagikan

MATARAM – Libur panjang pekan lalu, PT Pertamina (Persero) mengalami peningkatan konsumsi BBM jenis pertalite dan pertamax. Kenaikannya mencapai 30 persen dari total rata-rata penyalur harian dibandingkan hari biasa.

Mulai sejak hari Kamis (5/5/), konsumsi pertalite tercatat di atas 9.000 Kl per hari. Atau bertambah 30 persen dari biasanya yang hanya 6.950 Kl. Begitu juga dengan pertamax yang mencapai 12.800 Kl per hari dari umumnya hanya 9.750 Kl. Bahkan penyaluran pertamax sempat tembus hingga 14.000 Kl pada H-1 masa libur.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, sebelumnya Pertamina sudah memprediksi hal tersebut. Bahwa akan terjadi kenaikan saat libur panjang, akibat banyaknya masyarakat yang berpergian menggunakan kendaraan pribadi.

a�?Kami melihat peningkatan stok pertamax series dan juga pertalite mampu memenuhi tingkat konsumsi masyarakat yang semakin tinggi selama masa libur panjang kemarin. Sebelumnya kami sudah memprediksikan akan ada kenaikan konsumsi dari hari biasanya,a�? ucap Wianda, Kamis (12/5).

Pertamina, lanjut Wianda, sebelumnya sudah menginstruksikan seluruh SPBU untuk melakukan delivery order mulai tanggal 1 Mei 2016 dengan jumlah lebih banyak dari kebutuhan normal. Bahkan khusus untuk bahan bakar khusus (BBK) Pertamina telah meningkatkan persediaan seperti stok pertamax yang biasanya sekitar 290.000 Kl menjadi 330.000 Kl.

Berbeda dengan pertalite dan pertamax, penjualan BBM jenis solar cenderung mengalami penurunan. Salah satu akibatnya karena selama masa liburan panjang angkutan barang atau truk beroperasi dalam jumlah yang sedikit. (ewi/r4)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *