Ketik disini

Selong

Kekeringan Picu Tindak Kriminal

Bagikan

SELONG – Kekeringan yang terus meluas di Lombok Timur (Lotim) dikhawatirkan memberi beragam dampak buruk. Selain tentu saja kerugian petani yang tak sedikit, tindak kriminal bisa saja meningkat. ”Ini soal perut, kalau tak ada penghasilan, bisa saja jalan pintas,” kata Ketua KNPI Lotim Taufik Hidayat, kemarin.

Hal itu secara langsung disampaikan dalam rapat dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distannak) Lotim. KNPI yang selama ini mengurusi kepemudaan merasa perlu untuk juga memperjuangkan petani.

”Wilayah selatan ini sudah bersahabat dengan kekeringan,” tegasnya.

Dalam banyak kasus, tindak kejahatan di kawasan selatan memang bermula dari urusan ekonomi. Pencurian, perampokan, bahkan pembunuhan yang pernah terjadi banyak yang terkait dengan kesulitan-kesulitan yang dialami masyarakat. Karena itu, KNPI Lotim meminta pemerintah segera bertindak memberikan solusi kongkrit.

”Bantu masyarakat yang sudah lama berteriak,” pintasnya.

Menanggapi hal tersebut Kabid Perlindungan Tanaman dan Pengolahan Hasil, Distannak Lotim Zulkifli mengatakan kekeringan kali ini adalah bencana. Jauh lebih dahsyat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Untuk membantu petani, pihaknya membantu dengan benih bibit nasional yang ada untuk bisa bercocok tanam kembali. Dia juga mengusulkan klaim asuransi bagi petani yang mengikutinya, dan mencorong petani yang belum. ”Soal irigasi, itu kewenangan BWS,” ujarnya. (yuk/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *