Ketik disini

Sumbawa

Tingkatkan Konsumsi Pangan Lokal

Bagikan

SUMBAWA – Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Kabupaten Sumbawa terus menggalakkan kampanye gerakan konsumsi pangan lokal. Mengingat, Kabupaten Sumbawa termasuk salah satu daerah yang kaya dengan pangan.

Kepala KKP Sumbawa Surya Darmasya mengaku, pihaknya terus berupaya maksimal. Sehingga minat mengkonsumsi pangan lokal masyarakat terus meningkat.

”Meskipun di sisi lain untuk merealisasikan terobosan itu memerlukan dukungan semua pihak,” katanya, kemarin (19/5).

Menurut dia, tahun 2014 lalu Bupati Sumbawa juga telah mengeluarkan peraturan tentang gerakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal di Kabupaten Sumbawa. Selain itu, kata dia, bupati sebelumnya juga telah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada seluruh SKPD untuk mendukung gerakan tersebut. Setiap kegiatan, baik rapat ataupun acara seremoni agar disajikan menu berbahasan pangan lokal.

”Sebelum kita mengajak semua masyarakat, kita sebagai pelopor juga harus memberi contoh,” tegas dia.

Cara itu untuk meyakini masyarakat agar mengkonsumsi pangan lokal itu nilai gizi, protein, dan karbohitdatnya juga tidak kalah dengan makanan dari luar.

”Alhamdulillah kalau kita di KKP sudah mempraktikkanya sejak beberapa tahun terakhir,” kata Darmasya.

Ia mengaku, KKP sebenarnya sudah mempunyai kelompok binaan yang menyediakan berbagai jenis makan hasil olahan pangan lokal. Bahkan kelompok binaan itu mampu memenuhi kebutuhan konsumsi, minimal para SKPD dalam setiap menggelar kegiatan.

”Kelompok binaan tersebut juga sudah memiliki badan hukum yang lengkap. Sehinga mempermudah setiap SKPD dalam bermitra,” akunya.

Harganya juga lebih murah. Untuk satu kotak Rp 6 ribu. ”Semoga ke depan kita semua bisa terbiasa mengkonsumsi pangan lokal,” harap dia. (aen/r1)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *